Thursday, June 25, 2015

Demam Sosial Media

Demam Sosial Media
           
Gila, ini blog udah banyak sarang laba-laba. Gak nyangka ternyata gue pergi selama ini, memang gue ini bukan pengasuh yang baik.
            Oiyah, nyokap. Setelah kejadian nyokap yang selalu update status hampir setiap hal terbaru yang sedang ia lakukan, sebenarnya nyokap dari dulu (sesudah zaman batu tentunya) selalu minta diajarin Facebook,Twitter,Instagram dll.
            Mau gue ajarin, takut nyokap tambah absurd, gak gue ajarin, tiap hari gue di judge anak gak tau terima kasih. Semoga Tuhan memberikan jalan buat gue.
            Gue  takut, nyokap jadi korban media sosial. Gue punya kawan yang nyokapnya sudah jadi korban media sosial. Jadi kalo gue ketemu nyokap nya. Mau ngapain juga susah. Pasti alesannya” Jangan, barusan di Facebook ada” pokoknya kayak gitu-gitu. Gue sebagai anak yang baik, gue akan berusaha untuk tidak menjerumuskan nyokap ke sesuatu hal yang tidak baik, “Ingat pembunuhan lebih kejam daripada sosial media”. Loh? Yaialah.
            Tapi dariantara yang lainnya, Facebook merupakan penyebab jeng-jeng sekarang jadi korban. Satu karena memang Facebook banyak iklannya, dan memang facebook masih banyak yang menggunakan dan banyak Komunitas komunitas yang masih aktif di Facebook, dan juga karena mantan masih punya facebook mungkin.
            Gue pernah lagi liat-liat dinding Facebook, gue ngeliat temen gue ngepost galau-galau soal pacarnya yang baru putus. Terus nyokapnya komen, “ Sejak kapan kamu punya pacar, sunat aja belom berani”. MAMPUS GUE kalo seandainya itu terjadi pada gue. (Perlu di ketahui, gue berani).
            Kalo kejadiannya udah kayak di atas, itu tingkat keabsurdan seorang nyokap sudah melewati ambang batas dan perlu diberantas. Gue gak tau dan gue gak bisa membayangkan apa yang bakal temen-temennya katakan ke dia setelah melihat kejadian itu. Ini yang membuat gue segan kalo nyokap bisa memanfaatkan Facebook dengan seenaknya. Dari kejadian di atas, gue semakin segan untuk duduk di samping nyokap ketika gue lagi buka sosial media, terutama Facebook.
            Nah gue punya tips, ketika kalian menghadapi hal yang sama seperti gue. Ketika nyokap minta ajarin sosial media. Kita ambil saja Facebook. Gue selalu menggunakan kata-kata ini ketika nyokap minta di ajarin soal Facebook.
            “Jangan ma, di Facebook banyak pembunuh misterius”        
            (Terakhir kali gue gunain trik di atas, gue merenung).
            Yap, terakhir kali gue gunain kata-kata di atas. Nyokap bales, iya nyokap gue absurd.
            “Banyak pembunuh misterius atau banyak bayangan mantan yang membunuh secara misterius”
            ITU NYOKAP GUE.
            Nah gue baru mempelajari dua sosial media, Facebook,Twitter. Untuk twitter, kalian bisa jawab dengan simple.
            “Aku gak punya twitter, jadi gak ngerti juga” Karena twitter kadar penggunanya jauh lebih rendah, kalian bisa menggunakan kata-kata itu sebagai senjata pamungkas.
            Tapi untuk Instagram, gimana ya gue juga gak ngerti. Bilang aja,
            “Di instagram banyak jeng-jeng yang banyak perihasannya ma, nanti kalo mama tertular gimana, gimana nasib keluarga kita”
            Mohon dalam pembawaan kata-kata di atas, usahakan air mata kalian menetes. 2 tetes.
            Tapi ngomongin soal sosial media, belakangan ini gue di kasih tau sama sepupu gue kalo gue suka baca, download aja aplikasi “Wattpad” di Play Store. Oke gue download, dan gue buka. “Wah gila, ini keren banget” itu menurut gue ketika pertama kali gue membuka aplikasi itu.
            Dan Wattpad itu sendiri kayak aplikasi sharing cerita gitu. Jadi kita nulism terus di bagi-bagi untuk orang lain baca. Kalian udah pada tau apa gue yang baru tau sih. Oke gue kudet.
            Dan iya disini gue pendatang baru, disni peran gue masih sebagai pembaca dan masih belum membuat sebait cerita pun. Tapi gue janji, gue bakal bikin banyak cerita disana. Nah gue mau ngabarin ini, gue mulai berpikiran bahwa gue bakalan nulis di Wattpad itu bukan disini lagi. Maksud gue, iya disini gue masih nulis tapi tulisan gue akan berbeda dengan yang disana. Disini bakal tetep jadi Diary gue sendiri, nah kalo di sana mungkin bakal jadi Cerita fiksi atau non juga yang gue angkat dari kisah nyata gue, yang mungkin tetep gue bawain sehalus mungkin untuk yang fiksi dan fiksinya akan tetep gak jauh dari masalah percintaan. Dan gue juga tetep akan bawain seabsurd mungkin untuk nonfiksinya.
            Jadi gue berharap bisa nulis terus dimana pun, karna Wattpad itu ada di hape gue, gue belom cek bisa buka dari windows atau internet. Karna kata bang Alit (@shitlicious kalo gak salah username twitternya) penulis dan blogger juga.
            “Pernah menulis sebuah buku tidak langsung mengartikan seseorang itu adalah penulis, penulis adalah orang yang tidak pernah berhenti menulis”
            Pertama kali gue baca itu, kata-kata itu tidak pernah pergi dari pikiran gue. Selalu mengiang-ngiang, sama kayak mantan.
            Jadii, kalian bisa download kok di PlayStore kalo untuk App Store gue kurang tau udah ada apa belom, search dan follow gue ya! Di : “aleexx___” (“_ = 3x ”).
            Akun gue yang foto profilnya mencerminkan gue, dan foto belakangnya kurang jelas memang. Tapi sekedar info aja itu foto legenda musik Kurt Cobain, dari band Nirvana.
            
Read More

Monday, June 8, 2015

Sosok Yang Hampir Tergantikan


Sosok Yang Hampir Tergantikan

    
 Uh, akhirnya lembaran kertas di atas meja gue terkumpul juga.
                
             Ulangan gue selesai.
               
             Ulangan ini membawakan rekor tersendiri bagi gue, ‘Ulangan tanpa nyontek’. Iya, cuman itu yang bisa gue banggain dari diri gue ‘saat ini’.
                
             Pulang. Merebahkan badan di atas kasur. Bangun, gue langsung mandi, bersiap-siap ke Gereja, anak beriman.
               
             Kali ini badan gue dilapisi kaos yang bagian depannya tercantum kata “USA” dan nomor 5 dan “Durant” di belakang. Kaos gue lalu terlapisi lagi oleh kemeja, dan bagian bawah (bawah meja) gue pake celana panjang, dan di bagian pundak tas biasa gue masih bersemayam. Jarang-jarang setelan gue kayak gini, biasanya minim banget. Celana selutut, kaos biasa, semaximal-maximal nya setelan gue, masih kerenan setelan renang bapak-bapak. Tapi dirumah, di depan kaca. Gue merasa kali ini pengen tampil beda aja, sama nyicip tipis-tipis. Walaupun gue agak tersiksa, tapi untuk mencoba hal yang baru, It’s okay.
                
            Di gereja, iya kalian bener gue duduk sendiri. Kursi panjang, ada orang dateng eh pergi. Udah duduk di sebelah gue, pandangannya sinis. Ada pacar dateng ternyata cuman fatamorgana. #Curhat.
                
            Selesai pulang gereja, nyokap memang bilang dia ada pertemuan. Dan dia nanyain soal gue mau gimana. Gue bilang aja, ‘ Alex gampang, ke chandra aja lanjutin naskah’. Nyokap mengangguk mengartikan iya.
                
            Gue turun dari motor, mencium tangan nyokap, “ Ma, pergi”. Lalu gue melangkah ke dalam. Gue mulai menerawang dari jauh, tempat biasa yang gue tempatin kalo buat nulis atau ngestay.Penerawangan gue kali ini gak salah, hasil yang gue dapat dari penerawangan gue kal ini :

·         Dua keluarga berencana
·         Tiga abege hilang arah
·         Satu couple
·         Seorang perokok
·         Empat cabe-cabean

Melihat penerawangan gue, gue mengumpulkan keyakinan bahwa gue gak mungkin nyelip di antara mereka.

“ Gila, posisi rame banget” kata gue pelan, lalu gue membalikan badan, seraya berjalan menuju eskalator lalu menapaki nya.

Weeeehh, tangga nya jalan.

..... *hening

Gue naik kelantai atas, keliling-keliling sambil nunggu sepi.

Di atas, gue jalan-jalan menghadap ke bawah, ke layar hape. Cari sinyal wifi yang paling kuat. Gue jalan tanpa tau ada apa di depan gue.

Beberapa menit berjalan, gue ternyata udah di dekat tembok pembatas. Lalu gue menaikan kepala gue.

Yang gue liat di depan gue cuman ibu-ibu dan abege cewe. Gue melihat orang di sekeliling, semua cewek.

“ Fakkkkkkkk ini tempat behaaaaaaa” teriak gue dalam hati

Gilak ini beneran, gue terhenyak sesaat. Lalu gue kembali tersadar, semua cewek tadi menaruh barang yang di pegangnya, sekarang semua pandangan tertuju pada gue.

Gue melekukan bibir, garuk-garuk pala, puter badan, lari.

Sumpah itu awkward.

Gue menghilang di balik gantungan jas-jas kawinan. Gue berhenti sejenak, melirik harga. Lumayan dapet gambaran buat masa depan.

Lalu gue kebawah, kali ini pandangan ibu-ibu sudah hilang membuntuti raga gue, tapi tidak dengan pikiran gue.

“Sip, udah kosong”

Lalu gue menarik kursi. Duduk disana, kursi di hadapan gue, terisi oleh pacar tas gue.

Three in one, nama makanan yang gue pesan. Green Tea Lemon, minuman yang gue pesan.

Gue mengeluarkan notebook, mencolokan earphone, membuka tiga kancing dari atas,. Sesekali mencomot kentang di atas piring. Lalu kembali melanjutkan naskah.

Beberapa menit aja, gue udah larut sama naskah. Gue juga larut sama lagu yang gue setel, Ruth Sahanaya – Andaikan Kau Datang Kembali. Kalo gak salah, lagu itu cover, lagu aslinya punya band legenda tanah air, Koes Plus. Gila, gak matching banget lagu sama keadaan gue sekarang.
Suasana nulis kali ini.

                
           Setelah beberapa lama, rasa lelah mulai timbul. Gue mulai ngecek hape secara terus menerus, ada pesan dari nyokap atau engga. Hasilnya nihil.
                
           Beberapa menit gue memaksakan untuk menulis. Layar hape gue tiba-tiba nyala, ada sms dari nyokap. Isi pesannya sih, gue disuruh nemuin nyokap. kayaknya nyokap gak bisa jemput.
                Nyokap ada di restoran, gue disuruh jalan kesana.
                
            Awalanya gue males banget, tapi yausdahlah. Susah memang.
                
            Gue memasukan notebook, meninggalkan pecahan uang tiga puluh ribu di atas meja.
              
            Earphone gue colokan ke hape. Lalu kabelnya gue selipkan dari bawah kemeja, biar gak kemana-mana. Hape gue selipkan di kantong celana. Tas masih di pundak gue. Lalu gue mulai berjalan di bawah sorotan cahaya bulan.
                
            Letak restoran tempat yang gue tuju cukup jauh sebenarnya, tapi lumayan ah malem-malem olahraga dikit. *Olahraga lima jari.
               
            Sepanjang jalan, gue menonjok angin. Sebagai bagian dari olahraga, juga sebagai bagian sisi gila dari gue, juga sebagai eksekusi jika gue mau di tindak cabuli.
               
             Sesampainya di depan restoran yang gue tuju, gue sudah di sambut oleh seseorang, menunjukan jalan ke tempat pertemuan nyokap itu. Gue gak berani buka pintu. Gue takut isi nya ibu-ibu. Takutnya juga ada ibu-ibu tadi yang lagi memilah-milah, kartu atm.
               
              Akhirnya keberanian gue terkumpul. Gue membuka pintunya, ada sosok yang lagi presentasi. Ketika gue masuk, semuanya diam, termasuk gue. Lalu gue berjalan, duduk di kursi terdekat dengan nyokap.

Sebelum gue duduk, gue bertatapan dengan  sesosok cewe cukup tjakep seumuran gue, menurut penerawangan gue. Awalnya gue gak percaya dengan penerawangan gue soal umur seseorang, terakhir kali gue percaya sama penerawangan gue, gue koma. Tapi kali ini gue yakin gue benar.
Setelah itu geu duduk, pandangannya kembali kedepan. Gue meliriknya sesekali. Cewek seumuran dia juga di sebelahnya, langsung ngomong sesuatu ke cewek yang tadi. Cewek di sebelahnya senyum-senyum, cewe yang tadi muntah.

Sepanjang pertemuan itu, mata gue gak pernah bisa gue tolak untuk tidak melirik cewek tadi. Sesekali gue melirik dia, dia melakukan hal yang sama.

“Gila ini cewek, memikat”

Karena gue datangnya belakangan, gak lama setelah gue dateng pertemuan selesai. Lalu gue mengajak nyokap gue pulang. Gue bersender pada tembok dekat pintu yang tadi gue lewati, sambil nunggu nyokap berpamitan.

Lama banget nyokap pamit doang. Akhirnya gue berjalan mendekati nyokap. Sebenarnya, gue mendekati nyokap selain karena gue memang pengen manggil nyokap. gue pengen ngeliat cewek tadi.
                Di balik orang-orang yang lagi berpamitan. Pandangan gue kembali bertemu dengan pandangannya, gue kaget, lalu gue membuang pandangan gue, begitu juga dia. Lalu gue sama nyokap jalan ke pintu yang sempat gue singgahi tadi. Sebelum turun, gue menoleh kebelakang lagi.
                
            Lagi, pandangan kami bertemu. Kali ini pandangannya di sertai oleh lekukan kecil di bibirnya. Gak gue balas, biar cool. Lalu gue menuruni anak tangga, menoleh sekali lagi. Pandangannya masih pada gue.
                
            Pengen banget gue kenalan ama dia, pengen banget gue pergi kedepannya menghampiri pandangannya itu, tapi gue gak bisa. Karena gue tau jika gue melakukan hal itu, dan jika benar-benar gue dapet contact nya. Di hati gue, akan ada sosok  yang tergantikan.              
                
            Alasan itu, yang membuat gue mengurungkan niat gue itu.
                
            Sesampainya dirumah, gue langsung merebahkan diri lagi di kasur yang sama seperti siang tadi gue merebahkan badan gue. Lalu gue mengangkat setengah badan gue, menggapai tas lalu mulai menhidupkan notebook, untuk nulis. Tapi ternyata, pandangan nya menghantui gue, gue menutup naskah gue yang belum tersentuh kata atau huruf tambahan apapun. Pandangannya, menggantikan pandangan ibu-ibu tadi, hebat banget kan.
                
             Setelah itu, gue langsung mengangkat seluruh tubuh gue, berjalan untuk mematikan lampu, menhidupkan AC, gue kembali merebahkan diri gue, kali ini bersama pikiran gue. Yang gue lakukan hanya tiduran sambil menatap langit-langit kamar, juga sambil senyam-senyum sendiri. Tiba-tiba gue pengen banget punya contact dia, tapi lagi-lagi sesosok di hati ini sudah ada sejak lama dan enggan pergi. Niat gue yang ingin memiliki contact cewek tadi, berubah menjadi bertemu cewek itu lagi.
                
              Tiba-tiba juga, lagu “Ruth Sahanaya – Andai Kau Datang Kembali” menjadi matching untuk malam itu. Mulut gue mulai bersenandung kecil,

Andaikan kau datang kembali
Jawaban apa yang kan ku beri
Adakah cara yang kau temui
Untuk kita kembali lagi

Di antara bait-bait lirik itu, gue selipkan sebuah kalimat.

“ Hari ini, keren”


Read More

Wednesday, June 3, 2015

Mau di ayun da ?

                                                                Mau di ayun da ?

Amin.
                Gue kembali duduk, menerima soal serta lembar jawaban.
                Ulangan dimulai, gue siap di coret dari KK.
                Udah enam ulangan yang udah gue lalui, sisah enam lagi sepertinya. Dari enam yang udah lewat, gue sadar akan sesuatu. Ulangan tanpa nyontek itu... susah.
                Ulangan kenaikan ini, gue gak nyontek sama sekali dan gue gak akan. Sayang udah enam nanti pecah ulang lagi, fiuh. Gue pengen nyoba, perasaan apa yang akan gue terima ketika pembagian rapot, dan nilai yang ada di sana murni semurni paha nabilah hasil gue sendiri. Mungkin senang, mungkin sedih, tapi yang pasti, bangga.
                Jika nama gue dicoret dan gue di eleminasi dari rumah gue sendiri. Setidaknya, gue sudah mencoba. Uh, godaan untuk nyontek selalu ada, selalu menghantui. untung, iman gue udah sekuat agung hercules.
                Gara-gara ini, gue jadi punya opini ulangan semester atau kenaikan selanjutnya gak akan nyontek, tapi kalo ulangan harian. Jujur gue butuh. Dengan kejujuran ini, reaksi pertama yang terlontar dari temen-temen gue adalah.
                ‘Ngotak’
                Dan reaksi pertama gue adalah.
                ‘Sebegitu hinakah gue?’
Okeh gue terima, mungkin mereka gak nyangka kalo gue melakukan ini. Iya juga ya, gue juga gak nyangka gue melakukan ini. Ih.
                Peralatan tempur yang gue bawa di tas cuman : kartu ulangan, laptop, dan satu foto Maudy Ayunda. Selebihnya gue menghitamkan jawaban modal pensil dari temen gue di belakang, pengapus dari samping.
                Sebegitu gak modalnya kah gue?
                Untuk kartu ulangan, di sekolah gue memang kalo gak bawa berarti gak bisa ikut, cuman sekolah gue doang, atau tiap sekolah begitu??. Soal laptop, notebook lebih tepatnya. Gue gunain setelah pulang sekolah. Biasanya abis ulangan, gue langsung ke perpustakaan untuk melanjutkan naskah gue, tapi tergantung mood juga. Soal foto pacar gue, gue selalu menatap itu beberapa detik, sebelum dan sesudah ulangan di mulai. Biar semangat. Ihiy.
                Gue menghitamkan jawaban yang menurut gue benar. Oiyah, gue punya tips buat kalian menghadapi ulangan. Tips ini juga gue gunakan ketika ulangan.           
                Untuk kalian yang ke stuck gak bisa jawab pada satu soal. Kalian bisa menggunakan radar neputunus Maudy Ayunda kayak di film Perahu Kertas. Gak tau filmnya? Makanya nonton.
                Dengan menggunakan cara di atas, alhasil gue malah menghitamkan kertas temen sebelah gue. Karena memang ritual ini harus menutup mata.
                Gue gak apa-apa jika radar gue masih salah. Semua ada proses nya. Mungkin gue belum menjadi anggota Neptunus yang baik dan benar.
                Tolong, jika kak Maudy melihat tulisan diatas. Kakak boleh muntah kok, aku udah daritadi. Sekalian kalo kakak baca, kapan-kapan Rekruit aku jadi anggota neptunus kakak itu ya. Kalo kakak kan gunain radarnya untuk cinta. Kalo aku buat ulangan. Aku gak akan gunain itu buat mencari cinta kok kak.
                Karena aku tau, cinta aku udah untuk kakak.
                Ahaayyy..
                
Read More