Sunday, February 21, 2016

TAIJUTSU SEMUA GURU (FAKTA)


Jadi gini...

Gue pernah bilang kalo blog ini bakal berubah alamatnya tanggal 21. Nah ini udah tanggal 21.

“Terus kok alamatnya belom berubah?”

Nah, kalo pada bertanya-tanya kayak gitu. Jawabannya sabar. Mau minta maaf dulu, atas semua keterlambatan. Kan, hape gue kena sita. Gue baru inget, kalo gue mau login untuk ngurusin blog ganti template lah segala. Itu harus login ke blog dulu. Dan, perlu kalian tau, Google itu ada punya fitur yang namanya “2 Step Verification”.

Apa itu?

Simplenya, kalo kalian mau login. Ada kode yang masuk ke nomor telepon yang kalian daftarkan ketika menggunakan fitur itu. Nah, ketika kalian coba login, kalian bakal dipalakin kode yang dikirim ke hape kalian itu. Jadi...

Gue gak bisa login. Kode nya di hape gue, dan hape gue disita. Gue udah nyoba minta ke gurunya. Dengan alasan apapun, padahal gue serius mau rapihin blog. Tetep sih, kalo gue pake alesan mau benerin blog, mereka gak akan ngerti. Apalagi sampe gue jelasin fitur tadi. Yang ada, jurus setiap guru keluar.

“KENAPA mau ambil hape, emang ada apa?”

“Ya bu, jadi gini, saya itu butuh banget untuk rapihin blog saya, mau benerin semuanya. Mau ngurusin pacar. Mau ngurusin fans juga. Keluarga, orang asing, gelandangan. Semua mau diurus ibu. Saya juga punya urusan, bukan Cuma ibu. Jadi, saya minta hape saya.”

“Alasan.”

GILA!

Gue paling kesel kalo ada guru yang kayak gitu. Dia yang nanya Alasan gue apa, tapi ketika gue jelasin balasan mereka Cuma sepatah kata “alasan”. Uh, maksud gue. kan mereka yang nanya kenapa, toh kalo mereka gak nanya juga gue gak akan jelasin panjang-panjang. Secara, gue orangnya cuek.

Gue juga pernah digituin sama guru, kalo guru ngomong “alasan” ke gue ketika gue menjelaskan alasan yang mereka sendiri tanyakan. Gue merasa, gue itu pembohong. Gue itu merasa, mereka gak percaya ama gue. Yah gue kesel lah.

Kayak waktu itu, sebenrnya gue udah dua kali disita. Bukan gue, hape gue maksudnya. Kejadian saat pertama disita, kira-kira kayak gini :

“Bu saya ambil hape saya boleh gak?”

“Gak. Kenapa mau ambil-ambil!?”

“Ya kan punya saya.”

“Gak bisa-gak bisa. Lagian juga KENAPA kamu bawa hape ke sekolah.”

“Mama saya itu pergi ke Metro (utk yang gak tau, dari rumah gue ke Metro itu jauh banget) ada yang  sakit udah parah katanya. Nah mama saya bilang, bawa aja hapenya jadi kalo tiba-tiba ada kabar baik/buruk bisa langsung dikabarin. Terus ....” nb : ini emang bener.

Belom juga gue selsai ngomong, dipotong.

“Alasan!”

KAN LO YANG NANYAAAAAAAAAA

Uh, saat itu gue langsung pergi. Sakit broh. Seakan-akan “alasan” nya itu jadi Taijutsu. Gue serasa dikeroyok.

Kalo dibilang, ngapain kamu bawa hape ke sekolah. Ngapain juga ada penyitaan. Bagi gue, ya emang sih. Penyitaan itu gak ada salahnya dilakukan. Tapi, apa salahnya sih bawa hape doang. Gue setuju kalo itu disita kalo emang si kampret yang bawa hape itu maenin hapenya pas lagi pelajaran/tanpa izin guru. Nah itu disita gue setuju. Tapi, kalo Cuma bawa hape dan disimpen di tas. Tanpa disentuh sedikitpun. Yah kan bisa aja, si anak bawa hape karna keluarganya lagi ada masalah lah atau abis pulang sekolah mau ada kerja kelompok lah, Kan bisa aja. Dan gak ada salahnya juga, kalo dia bawa hape. Toh gak dipake juga pas pelajaran.

Waktu itu juga pernah, pas gue pertama kali disita. Gue meminta balik hape gue. Saat itu juga, ada seorang anak (temen sekelas gue) bawa emaknya. Minta hapenya yang kesita. DIBALIKIN. Gue enggak. Gue tanya dong kenapa dia dibalikin. Lucunya, si guru menjawab :

“Kata dia, mamanya pengen pergi ke Jakarta. Dan satu-satunya alat komunikasi ya hape itu.”

Asli, gue agak pengen ketawa ples agak kesel juga pas pertama kali denger guru ngomong kayak gitu,

Pertama, ya bodo amat dong. Mau emaknya ke Jakarta kek, mau ke Bandung kek. Tetep aja lah, kalo bicara peraturan, tetep aja dia melanggar aturan kayak gue, bawa hape ke sekolah. Dan menurut gue, ya bodo amat dia mau gimana komunikasinya. Itu urusan dia.

Kedua, Kok gampang banget ya percaya kalo emaknya bakal ke Jakarta. Bisa aja dia bohong kan?

Ketiga, lah apa bedanya sama alasan gue. Dalam kasus ini, Sang Emak sama-sama pergi. Dan satu-satunya alat komunikasi ya hape itu. Tapi Kenapa gue gak dibalikin? Kan rasis.

Ah, pokoknya lucu deh guru-guru itu. Gue bebas dikit, dibilang gue pemberontak. IHH.

Gue juga, paling males kalo gue itu gak salah tapi jadi gue yang disalahin. Kayak gini,
Ceritanya, di setiap kelas di sekolah gue itu ada Projector. Nah kebetulan kelas gue Projectornya rusak, untuk yang dusun, Projector itu biasa dibilang LCD, yang buat tampilin gambar dari perangkat ke tembok gitu loh. Yang dipake buat meeting biasanya.

Balik lagi, jadi Projector kelas gue itu rusak. Kalo mau dipake harus ambil kabel ke kantor guru dulu. Dan itu berlaku setiap hari, dan kerusakan ini jelas udah lama banget.

Gue ketua kelas. Setiap kali mau dipake gue harus ke kantor guru. Ambilin kabel, balik lagi ke kelas, naek ke atas meja untuk colok kabel. Dan jujur kian lama gue semakin males untuk ngelakuin itu. Bukan karna gue marah, tapi gue merasa kayak kelas gue dibuang gitu aja. Tanpa ada perbaikan apapun.

Sampe suatu saat gue gak pernah mau ngambil kabel itu lagi kalo gak disuruh sama gurunya. Biasanya sih, kalo abis ganti pelajaran gue langsung ambil kabel tanpa disuruh biar dicap rajin, kan keren. Tapi gue jenuh. Jadi gue biarin.

Eh, beberapa hari gue kayak gitu. Guru-guru pada bilang, kalo gue itu gak peka. Masa harus dikasih tau dulu ambl kabel baru diambil. Gue dicap sebagai orang yang gak pedulian.
Maksud gue gini loh, lah setelah gue bayar uang sekolah yang mahal banget (dibandingin fasilitas yang gue dapat) gue masih dapet fasilitas yang kayak gini.

Gue dicap sebagai anak yang gak peka Cuma karena gak ngambilin kabel. HELLOWWWWW, 
WOY SEKOLAH! LO TAU GAK INI UDAH BERAPA LAMA? LO JUGA, WOY GURU. KALO UDAH TAU RUSAK. KENAPA GAK DIGANTI. KENAPA DIBIARIN. UANG GAK ADA? KORUPSI YA. UDAH TAU RUSAK YA DIGANTI, BUKAN MALAH NYALAHIN MURIDNYA.

JADI YANG SEBENERNYA GAK PEDULI ITU MURIDNYA APA SEKOLAHNYA?

Gue siap-siap untuk dipanggil sama kepala sekolah deh gara-gara postingan ini.
Ehm.

Biarin deh gue dipanggil. Itung-itung juga buat bahan blog nanti kalo seandainya dipanggil.
Bukan, gue bukan bertujuan untuk merusak nama baik sekolah. Toh, gue juga gak menyebutkan nama sekolah gue. Dan bukan pengen merusak apapun. Menyinggung siapapun. Gue nulis ini karena gue emang pengen ngeluapin apa yang mengganjal buat gue. Kepada guru juga kalo baca ini, tolong lah pikirin dulu kalo mau ngomong/ngejudge. Watch your mouth!

Oiya, balik lagi.

Hehe.

Jadi, gue post ini pagi-pagi, nulisnya juga sih. Nah, untuk perubahan semuanya. Kayak alamat, fitur-fitur. Ya kalo gak nanti malem paling lambat dua hari lagi. Gue mau ngurusin hape gue dulu. Terus, untuk info aja, gue ngepost ini dari notebook. Dan susah banget untuk ngedit dari sini. Tapi gue usahain deh...

Pagi semua.


It’s really me,


Alex.

0 Saran:

Post a Comment