Sunday, November 20, 2016

Dalmatian


Haii. Aku pulang. (Baca ini pake suara Nobita pulang sekolah.)

Gue baru pulang kemaren dari acara ret-ret sekolah. Hmm, i admit it, those three days are one of the most-happiest days in my life. Alasannya mudah, dulu pas gue SD, pernah juga ret-ret bersama seseorang. Nah, kemarin, sama dia lagi.

Ah.

Soal ‘perhitungan-keajaiban’ yang ada di post sebelumnya. Oh God, thank you. Keajaiban benar-benar terjadi. Itu yang membuat tulisan ini bisa tertulis.

Gue cerita dari awal ya.

Jadi, dalam ret-ret ini dibagi jadi tiga gelombang. Pada awal dan seharusnya, gue berada di gelombang yang ke tiga. Dan, si ‘keajaiban’ ada di Gelombang dua. Sejak tau itu, gue berpikir gue harus pindah. Tapi, gue gak bisa piindah karena gue gak punya alasan yang kuat. Karena itu, gue sering sedih sendiri malem-malem, berharap hari ret-ret tersebut supaya gak akan datang. Hmm..
Yang gue bilang di sebelumnya bahwa gue mengharapkan keajaiban. Kemarin, ada satu momen yang pas banget, yang bisa gue jadiin alasan. Sebenarnya bukan gue beralasan, atau gue emang niatnya menggunakan alasan ini. Tapi emang, kemarin kakak gue sakit cukup parah. Nah, gue bingung harus seneng atau sedih. Satu sisi, gue seneng mungkin Tuhan mengabulkan doa gue (bukan utk kakak gue sakit) bahwa gue bisa beranjak ke Gelombang dua. Untuk bertemu dia.

Itu doang yang gue pengen.

Dan, alasan gue ditrima. Jadi gue bisa pindah ke gel 2. Wait. Tunggu. Demi sebuah Keajaiban yang gue tunggu-tunggu itu, ada perjuangan gue. Gue belajar satu hal, bahwa keajaiban-pun perlu usaha. Saat itu, demi bisa pindah, gue berusaha banget. Dari yang pulang sekolah sebenernya pukul 12, gue baru pulang sampe rumah jam 3 an. Untuk ngurusin itu. Gue rela naik-turun tangga. Dikerjain sana-sini. Tahan emosi gue. Agar bisa pindah. Gak cukup sampe di sana, esoknya, gue bangun pagi-pagi benar untuk siap-siap sekolah. Jam 6 pagi gue udah di sekolah. Sepi, sepi banget. Demi gue bisa ketemu kepala sekolah dan bisa konfirmasi perpindahan gue. Gue jalanin.

Akhirnya, gue bisa pindah. It was all paid off.

Langsung aja cerita tentang di sana ya.

Sumpah, tiga hari itu seru banget. Asik parah. Yang bikin asik itu :

-20 % emang ret-ret asik

-80% karena ‘keajaiban’

Uh, mungkin kalo bukan sama dia, gue akan menghabiskan semua hari itu dengan kemurungan sana-sini tiap pagi-malam di sana.

Hal yang paling-paling gue inget sampe sekarang adalah ketika sesi, gue kadang (sering banget) diem-diem ngeliatin dia. Yang lagi fokus nulis dan dengerin penjelasan si Pe-materi. Kadang juga, pas gue ngeliat, dia ngeliat juga. Kadang juga, gue langsung buang muka karena alasan yang bahkan gue sendiri gak tau kenapa, gak tahan aja tatapan ama dia. Kadang lagi, gue biarkan beberapa detik, menikmati kesempurnaan.

Yang paling gue suka adalah ketika sesi ‘Outbond’ yang emang seru. Sayang, gue berbeda kelompok ama dia saat sesi itu. Tapi gak apa. Di sesi outbond ini, bisa dibilang, yang paling membahagiakan gue. Karena gue bisa berada lebih lama di dekat dia. Itu, semua yang gue mau, terkabulkan. Berada di dekat dia.

Pernah kemarin, saking bahagia-nya gue. Saat sesi gue izin ke toilet. Udah, diem aja di depan kaca. Gak ngencing gak berak. Wah, parah. Cantik abis! Percaya ama gue, kalo kalian ketemu dan sedikit berbincang sama dia sekarang, mungkin kalian jatuh cinta. Yaudah, mendingan gausah. Nanti gue yang repot, nanti gue yang mojok di kamar. Nangis sampe tidur.

Sejak ret-ret itu, gue yang emang udah sayang, jadi makin sayang. Iya selsai ret-ret baper gitu, sampe sekarang. Mungkin kalo diitung, kalo tiap 1kali gue mikirin dia gue harus bayar goceng, nah sampe detik gue nulis ini, gue udah jatuh miskin. Baju semua udah gue jual untuk bayar tagihan kangen. Mungkin gue bentar lagi akan ngamen. Apakah itu akan selesai? Enggak. Gue juga mungkin akan berada di depan rumah dia aja. Jadi satpam 24 jam untuk dia. Gak perlu digaji, yang penting bisa ngeliat dia, udah cukup. Terus, jadi satpam, kelar masalah ? kagak. Karena gak ada waktu bagi gue untuk tidak memikir-kannya.

Kalo aja ada kesempatan, gue mau tiga hari empat malam di sana. Yang pasti harus ada dia. Atau jadi empat malam lima hari. Biar pas, empat sehat, lima sempurna. Kan gitu?

Jujur, sejak pulang ret-ret yang kalo dibikin ukuran, meteran sayang ama dia sebelum ret-ret seratus kilosayang. Nah sekarang itu udah delapan milyar kilosayang. Ini true story, dia satu-satunya, yang gantiin ‘basket’ di doa gue dengan nama dia. Suer, tiga kali doa, yang biasanya gue rutin untuk mendoakan gue dalam basket, itu tergantikan ama dia. 80 persen isi doa gue, ngelantur tentang dia semua.

“Tuhan, seandainya kami Jack-Rose.”

 “Tuhan, saya sayang.”

“Tuhan, tolong besok sarapan sediain apel beracun, agar dia tertidur, dan saya akan menciumnya, lalu dia bangun.”

Udah, gitu-gitu aja terus isi doa gue.

Gue bingung, untuk pertama kalinya. Gue bisa melupakan basket di doa gue. Menggantinya dengan nama seseorang. Hmm...

Gak Cuma itu, dia adalah satu-satunya cewek yang bisa bikin gue males untuk basket. Ya karena untuk balesin chat dia. Dia, yang bikin gue tidur malem-malem untuk nemenin dia, walaupun gue yang selalu ketiduran, tapi gue udah berusaha sebisa gue untuk bisa sekedar ngucapin selamat malam ataupun selamat tidur.

Bangun pagi-pagi, ngantuk-ngantuk. Cuma untuk ngucain ‘Selamat pagi, semoga hari kamu menyenangkan’ kalimat semacam itu. Tahan ngantuk gue, Cuma supaya bisa balesin chat dia. Agar bisa lebih lama bareng dia walau Cuma lewat sosmed.

Tadi aja, kalo bukan karena dia. Kalo bukan karena ret-ret, mungkin gue udah basket seharian. Dia yang bikin gue berpikir, kalo gue paksa badan gue, dan gue sakit. Gimana cara gue besok agar bisa ngeliat dia di sekolah?

Lebih lagi, dia satu-satunya cewek yang bisa bikin gue tarok hape di sebelah mouse ketika maen dota-selalu ngecek hape ketika tanding NBA 2K bareng temen, sampe-sampe temen gue bilang 

‘Udah sih, maen, tarok dulu.’.

Dan megangin hape sepanjang nonton film.

Yah, kalo-kalo aja dia ngeline-atau ngebales. Gue bisa langsung bales tanpa harus membuat dia menunggu, bahkan jika dia tidak menantikan itu.

Yang paling parah abis adalah, dia satu-satunya dan pertama. Yang bikin gue diem-diem coba untuk nonton Drakor. Padahal dua menit pertama gue nonton aja udah muntaber, gue tetep lanjut sampe satu seri abis (Abis itu gue langsung masuk ruang ICU). Tujuan gue simple, agar gue bisa bertukar pikiran dengan hal yang dia suka. Gak apa gue terpaksa nontonnya, yang penting dia bisa bahagia. Walaupun rencana ini belom berhasil, tapi gue udah berusaha. Diem-diem nonton Drakor. Hal terekstrim yang pernah gue lakukan.

Bahkan lebih dari itu, gue nulis ini aja, pas dia lagi pergi makan. Gue ingin menyelesaikan ini secara cepat. Jadi gue bisa chat lagi bareng dia tanpa harus motong banyak waktu dengan dia.
Udah ah, mau nonton drakor sambil nungguin dia isi ulang lemak.

당신을 사랑합니.

Ending limited edition. Hehe.


Read More

Tuesday, November 15, 2016

Ikan dan Monyet kena kanker


Ekhm...

Ide nulis ini baru aja gue dapet hari ini. Sengaja cepet-cepet gue tulis, biar gak kelewatan. Masih anget!

Jadi gini, lama-lama blog ini bakal gue rubah. Akan berisi tentang komentar gue terhadap hal-hal yang menurut gue salah di sekolah. Kisah keresahan pelajar gitu. Kalo jadi...

Tadi siang, gue dihukum. Disuruh ke luar kelas sama guru MTK. Alasan : gak kerjain pr sampe tuntas. Wait. Kalian boleh ketawa dulu sekarang. Kalo kalian udah baca kalimat ini, tolong berenti. Alasan gue gak ngerjain, bukan karena gue males. Tapi gue gak ngerti.

Ada sepuluh soal, semuanya gue kerjain malam itu. Maksud gue, semuanya gue coba. Apa boleh buat, gue Cuma mengerti kisaran 4 atau 5 jenis soal yang ada. Pikir gue saat itu,

‘It’s okay.’

Why?

Karena gue telah berusaha semampu gue. Gue pikir, oke nilai gue gak apa dapet 50. 50 jika 5 soal yang gue jawab-pun benar, kalo salah?

Tapi gue berpikir, yah emang segini yang gue bisa. Gue pantas untuk mendapatkan nilai setengah dari sempurna itu. Gue pun siap sesiap-siapnya mendapat nilai kecil. Gurunya pun bilang agar kita para murid gak mencontek satu sama lain. Yaudah, gue ikutin. Gue ke sekolah hanya dengan modal 5 soal.
Sampe di sekolah, pas pelajaran mtk...

Intinya, yang belum selsai, belum seperti apa yang dia mau, semuanya keluar. Jadi, semua orang yang gak kelar (Termasuk gue), dengan alasan apapun itu ada di depan kelas. Yah emang, ada mereka yang gak mau mencoba sama sekali tapi ada juga yang nasibnya sama kayak gue, udah mencoba, mentok sampe situ, disuruh ke luar.Tugas kita yang di luar adalah menyelesaikan soal-soal yang belum.

Maksud gue, tolol aja untuk ukuran seorang guru MTK terpandang harus berbuat hal kayak gini. Jadi, semua orang yang gak ngerti, disatuin dan disuruh kerjain hal mereka sendiri bahkan gak ngerti. 

Menurut kalian, se-tolol apa cara ini?

Menurut kalian, tugas itu bakal selsai gak? Soal-soal itu bakal terjawab gak?

YAH JELAS ENGGAK.

Lah...

Di luar itu gak ada yang ngerti, sedangkan tugas kami semua adalah harus ngerti. Harus bisa menjawab semua soal. Yang bahkan, dia gak memberi penjelasan lebih bagi kaum-kaum ‘bodoh’ ini untuk mengerjakan soal-soal yang belum terselesaikan tersebut.

Yang gue resah-in lagi. Yang bikin gue mikir seberapa tolol nya cara ini lagi adalah, kami di luar, mereka yang ‘mengerjakan’, wait, kenapa gue kasih petik? YAP, ‘MENGERJAKAN’. Oh jadi, pokoknya selsai, dan kita bakal aman? Gue melihat banyak temen gue, yang gue seribu pangkat seribu (karena di sekolah emang lagi belajar berpangkat” gitu, biar ikut tema dikit. Hehe) persen mereka gak ngerti dan mereka mencontek, dan mereka sepantasnya berada di luar.

Lanjut, yang bikin gue makin kesel adalah, ketika gue di luar bersama yang lain, ‘mereka’ yang ‘udah ngerti’ di dalam malah dapet penjelasan lebih. Mereka dapet pembahasan tentang soal-soal itu. Lah kan mereka udah ngerti mereka semua bisa ngerjain, buktinya mereka semua selsai dan gak perlu ke luar kayak gue. Sedangkan gue di luar masih harus susah payah ngerjain soal yang bahkan gue ngerti juga enggak + tanpa dijelasin lagi.

Sistem belajar kayak gini, menurut gue tolol abis. Bukan bikin anak makin pinter, malah bikin anak makin tersiksa. Ujung-ujungnya, jadi kayak gue gini, kesel dan gue meluapkan hal ini ke blog ini. Gue jadi merasa bersalah sama blog ini, selalu jadi pelampiasan. Hmmm...

Gak cukup sampe di situ, setelah menjelaskan Guru ini memberi soal tentang apa yang baru dia jelasin tadi. Semua soal berlaku untuk semua anak. Bagi mereka yang di dalam, mereka udah ngerti + dapet penjelasan lebih. Jelas mereka akan sangat mudah untuk mengerjakan soal yang diberikan.

Lah yang di luar apa kabarnya bossssss????

Makin terpuruk. Udah gak dapet penjelasan, malah dikasih soal lagi. Menurut kalian gimana? 

Apakah mereka yang di luar bakal bisa ngerjain soal kayak gitu?

Jujur, ini gue nulis sambil mengesampingkan pr dari guru tersebut. Kenapa? Yah jelas gue gak ngerti. Makanya, gue nulis aja. Lebih menenangkan.

Nih sekarang coba nalar deh. Pertama, gue gak ngerti dan gak dijelasin lagi. Kedua, guru memberi PR, kasus nya bakal sama lagi gak? Gue bakal berusaha mengerjakan semua soal tapi gak bisa sampe selsai, terus besok di sekolah, pas ditanya

‘Siapa yang gak selsai lagi?’

Dan gue akan tunjuk tangan, lalu ini terjadi :

‘Silahkan ke luar. Kerjakan sampai selesai.’

Lalu selagi gue di luar, dia memberi penjelasan lagi tentang hal/jenis soal yang baru ke mereka yang berada di dalam. Terus dikasih tugas lagi tentang itu.

Dan gue? apa kabar dengan gue yang di luar?

Yaudah gitu-gitu aja terus sampe mati. Besoknya begitu lagi. Menurut kalian, oh gak usah. Menurut Anda deh, jika anda baca tulisan ini.

Menurut Anda, tingkat ketololan cara mengajar ini berapa persen? Berhubung guru mtk, ah persen-persen mah gampang ya.

Kemaren-kemaren, gue ada sempet ngetweet kayak gini :




Iya, pendidikan sekarang itu kayak gitu kurang lebih. Ibarat ikan sama monyet dikasih tugas yang sama, tugasnya adalah untuk manjat sebuah pohon.  


Udah ah, mau coba kerjain pr mtk dulu terus mempersiapkan diri untuk dihukum besok akibat gak selsai tugas. Kebetulan mati lampu nih, makin gak bisa ngerjain tugas nih, haha. Dah ya, tunggu tulisan gue berikutnya. 

By the way, gue menikmati matilampu ini dengan lampu flash dari hape yang gue arahkan ke atas agar cahaya menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Gue biarkan, Cancer-nya twenty one pilots menemani gue.

Cancer.
Read More

Thursday, November 10, 2016

Menara Eiffel ternyata ada di Aljazair wkwk


Selamat Hari Pahlawan, Ibu.

Sebenarnya dari kemaren udah pengen post, tapi biar lebih berkesan, gue tepat-in tanggal 10 ini.
Oiya, ada satu hal marak yang pengen banget, gue ikut-ikutan secara gak jelas. Tunggu, tulisan yang akan kalian baca di bawah ini sepengetahuan gue aja. Tidak bisa dipastikan benar adanya. Dan, ini hanya pendapat, bukan apa-apa.

Soal tragedi 4 November kemarin...

Gak, gue gak ingin ngurusin Pak Ahok atau siapapun yang ikut terlibat di sana...
Gue Cuma mau berpendapat tentang ‘rasis’. Entah dari warna kulit atau golongan/ras. Maksud gue, gini loh. Kenapa rasis ini masih menjadi virus banget sebagai pemecah persatuan. Yang harusnya tinggal bisa bareng-bareng, aktivitas biasa bareng-bareng. Malah jadi berantakan.

Masih ada yang suka beda-bedain. Di negara sendiri aja, masih ada yang suka beda-bedain ras. Apalagi, kalo bukan Cina-Pribumi. Gue ingin menyampaikan bahwa gue benar resah dengan kondisi ini. Yang masih sering beda-bedain suatu golongan.

Gak cuma ras. Agama-pun juga. Bagi beberapa orang bodoh, agama dipergunakan sebagai alat pemecah (lagi). Loh, kalo gue sendiri, mendingan gak ada agama sekalian tapi orang-orang bisa bareng tanpa membeda-bedakan. Daripada harus ada agama, muncul golongan dan kubu masing-masing. Lah, kan aneh. Tujuan tiap agama sama, tapi kenapa harus ada perpecahan?

Nah, sekira-nya. Itu lah keresahan gue belakangan ini. Keresahan yang ditullis dengan kadar sok tau dan sok ngerti nya tinggi sekali. Udah ah, nanti geli sendiri nulisnya. Gak ngerti sok ngerti.

Yaudah.

Tujuan personal blog adalah, menyampaikan kegelisahan,keresahan, sang penulis. Maka, ini nih keresahan dan kegelisahan gue :

Dalam waktu yang amat sangat dekat, Sekolah gue mengadakan kegiatan ret-ret. Menginap. Katanya sih untuk pengembangan diri. Iya pengembangan diri. Haha. Same old shit, different day. Kalo kata gue, tiap sesi yang ada dalam kegiatan semacam ini itu gak penting. Serius. 

Loh semuanya itu tergantung orang-nya. Dan, para kru sekolah emang gak ngerti atau gimana, karakter seseorang gak bisa Cuma diceramahin terus langsung berubah seperti yang kalian(sekolah) mau. Butuh banyak proses. Terlebih, butuh kemauan dari anaknya sendiri. Nah, kegiatan-kegiatan kayak gini yang katanya bakal membantu pengembangan karakter atau merubah karakter seorang anak, itu salah. Sama sekali gak ngerubah. Yah ngerubah, satu atau dua persen. Untuk mereka yang lebih milih dengerin para pembawa sesi dibanding tidur. Kalo gue sih, mending tidur. Gak penting.

Gue juga pernah ngetweet semacam ini.

Mata pelajaran di sekolah yang menurut gue penting-gakpenting tapi lebih ke gak penting : -Pendidikan Agama dan Pelajaran BK”

Catatan : Kalo-kalo pihak sekolah baca ini dan mau manggil gue untuk mempertanggung jawabkan tulisan gue ini, silahkan.

Balik lagi, kenapa menurut gue penting-gakpenting? Yah itu tadi. Tiap kali gue keluar-masuk ruang BK, atau ikut-ikut sesi pendalaman iman di sekolah, gue gak ngerasa ada yang berubah sedikitpun dari diri gue. Sama, kayak alesan tadi bahwa emang karakter sesorang gak bisa diatur gitu aja. Kalo bisa gitu sih, enak juga. Yang kaya jadi raja di mana-mana.

Terus, kenapa gue sangkut-sangkutin Pendidikan Agama? Gini, sebelum lanjut. Gue ngetweet itu berdasarkan pelajaran yang gue dapet dari sekolah jadi bisa aja pendapat kita berbeda karena kita berasal dari sekolah yang lain.

Gini, kayak beberapa bulan lalu aja. DI sekolah gue, yang dipelajarin di Pendidikan Agama adalah Dokumen Nostra Aetate. Gue inget sekali. What the fuck dudeeee. Siapa yang mau pelajarin gituan. Yang gue butuh dari Pendidikan Agama adalah bagaimana caranya gue bisa selamat. Hidup gue bisa tenang dan bisa lebih dekat dengan Tuhan sendiri. Bukan belajar hal-hal gak jelas. Yang gue butuh adalah pencerahan untuk hidup gue.

Yah kalo belajar tentang Iman-WahyuTuhan-Beragama, masih mending lah. Tapi kalo udah melipir ke hal-hal gak penting kayak gitu, fuck, im done. Gak ada guna-nya gue ngerti penuh dokumen itu. Sekali lagi, gue Cuma butuh pencerahan dalam hidup gue. Bukan hal-hal gak jelas kayak gitu yang harus gue pelajarin, jadi beban pikiran aja.

Inget, dari awal udah gue katakan bahwa tulisan yang akan kalian baca adalah pendapat. Gitu.

Balik lagi. Sampe lupa hal yang mau gue bahas. Ret-ret. Walaupun menurut gue seluruh sesi yang ada adalah hal yang gak penting, tapi gue selalu mendamba-dambakan kegiatan seperti ini dari dulu. Dari kelas delapan, kan gue punya koneksi ke kakak kelas. Bahwa kelas 9 itu bakal ada ret-ret. Yoi, untuk pengembangan diri. Nah, sejak itu gue selalu berpikir, bahwa gue akan pergi dengan hati yang sangat amat senang. Kenapa? Karena saat itu gue berpikir akan pergi dan nginep di sana bersama seseorang. Lah, semua tujuan cowok ikut kayak ginian kan Cuma ada dua.

-Pertama, ngeliatin cewek cakep.

-Kedua, punya waktu lebih untuk ngeliatin cewek yang  disuka.

Pemuja Rahasia.

Nah, pas gue kelas 9. Pas pembagian jadwal (Karena gak mungkin1  angkatan langsung dibabat habis) gue dapet jadwal yang berbanding sangat-amat-teramat-teramatsangat terbalik dengan perhitungan gue. Perhitungan gue dari dulu, bahwa gue akan pergi sama dia, untuk melihat dari jauh dalam durasi waktu yang lebih lama itu ternyata salah. SALAH.

Itu ibaratnya, lo seorang ilmuan yang udah menghabiskan sembilan puluh sembilan persen dari hidup lo untuk meneliti letak menara Eiffel yang infonya lo dapet ada di Aljazair dan ternyata menara Eiffel ada di Prancis.

Nah btw, gue adalah ilmuan-nya.

Gue gak ngerti apa yang akan terjadi di depan sana saat gue ret-ret. Akankah gue nangis darah minta pulang dengan alasan rumah siput gue ketinggalan, atau justru akan ada keajaiban yang membuat dia satu jadwal ama gue, atau yang terakhir, gue akan kembali tertidur di saat sesi. Seperti biasa.
Mungkin?


Hmmm...
Read More