Tuesday, November 15, 2016

Ikan dan Monyet kena kanker


Ekhm...

Ide nulis ini baru aja gue dapet hari ini. Sengaja cepet-cepet gue tulis, biar gak kelewatan. Masih anget!

Jadi gini, lama-lama blog ini bakal gue rubah. Akan berisi tentang komentar gue terhadap hal-hal yang menurut gue salah di sekolah. Kisah keresahan pelajar gitu. Kalo jadi...

Tadi siang, gue dihukum. Disuruh ke luar kelas sama guru MTK. Alasan : gak kerjain pr sampe tuntas. Wait. Kalian boleh ketawa dulu sekarang. Kalo kalian udah baca kalimat ini, tolong berenti. Alasan gue gak ngerjain, bukan karena gue males. Tapi gue gak ngerti.

Ada sepuluh soal, semuanya gue kerjain malam itu. Maksud gue, semuanya gue coba. Apa boleh buat, gue Cuma mengerti kisaran 4 atau 5 jenis soal yang ada. Pikir gue saat itu,

‘It’s okay.’

Why?

Karena gue telah berusaha semampu gue. Gue pikir, oke nilai gue gak apa dapet 50. 50 jika 5 soal yang gue jawab-pun benar, kalo salah?

Tapi gue berpikir, yah emang segini yang gue bisa. Gue pantas untuk mendapatkan nilai setengah dari sempurna itu. Gue pun siap sesiap-siapnya mendapat nilai kecil. Gurunya pun bilang agar kita para murid gak mencontek satu sama lain. Yaudah, gue ikutin. Gue ke sekolah hanya dengan modal 5 soal.
Sampe di sekolah, pas pelajaran mtk...

Intinya, yang belum selsai, belum seperti apa yang dia mau, semuanya keluar. Jadi, semua orang yang gak kelar (Termasuk gue), dengan alasan apapun itu ada di depan kelas. Yah emang, ada mereka yang gak mau mencoba sama sekali tapi ada juga yang nasibnya sama kayak gue, udah mencoba, mentok sampe situ, disuruh ke luar.Tugas kita yang di luar adalah menyelesaikan soal-soal yang belum.

Maksud gue, tolol aja untuk ukuran seorang guru MTK terpandang harus berbuat hal kayak gini. Jadi, semua orang yang gak ngerti, disatuin dan disuruh kerjain hal mereka sendiri bahkan gak ngerti. 

Menurut kalian, se-tolol apa cara ini?

Menurut kalian, tugas itu bakal selsai gak? Soal-soal itu bakal terjawab gak?

YAH JELAS ENGGAK.

Lah...

Di luar itu gak ada yang ngerti, sedangkan tugas kami semua adalah harus ngerti. Harus bisa menjawab semua soal. Yang bahkan, dia gak memberi penjelasan lebih bagi kaum-kaum ‘bodoh’ ini untuk mengerjakan soal-soal yang belum terselesaikan tersebut.

Yang gue resah-in lagi. Yang bikin gue mikir seberapa tolol nya cara ini lagi adalah, kami di luar, mereka yang ‘mengerjakan’, wait, kenapa gue kasih petik? YAP, ‘MENGERJAKAN’. Oh jadi, pokoknya selsai, dan kita bakal aman? Gue melihat banyak temen gue, yang gue seribu pangkat seribu (karena di sekolah emang lagi belajar berpangkat” gitu, biar ikut tema dikit. Hehe) persen mereka gak ngerti dan mereka mencontek, dan mereka sepantasnya berada di luar.

Lanjut, yang bikin gue makin kesel adalah, ketika gue di luar bersama yang lain, ‘mereka’ yang ‘udah ngerti’ di dalam malah dapet penjelasan lebih. Mereka dapet pembahasan tentang soal-soal itu. Lah kan mereka udah ngerti mereka semua bisa ngerjain, buktinya mereka semua selsai dan gak perlu ke luar kayak gue. Sedangkan gue di luar masih harus susah payah ngerjain soal yang bahkan gue ngerti juga enggak + tanpa dijelasin lagi.

Sistem belajar kayak gini, menurut gue tolol abis. Bukan bikin anak makin pinter, malah bikin anak makin tersiksa. Ujung-ujungnya, jadi kayak gue gini, kesel dan gue meluapkan hal ini ke blog ini. Gue jadi merasa bersalah sama blog ini, selalu jadi pelampiasan. Hmmm...

Gak cukup sampe di situ, setelah menjelaskan Guru ini memberi soal tentang apa yang baru dia jelasin tadi. Semua soal berlaku untuk semua anak. Bagi mereka yang di dalam, mereka udah ngerti + dapet penjelasan lebih. Jelas mereka akan sangat mudah untuk mengerjakan soal yang diberikan.

Lah yang di luar apa kabarnya bossssss????

Makin terpuruk. Udah gak dapet penjelasan, malah dikasih soal lagi. Menurut kalian gimana? 

Apakah mereka yang di luar bakal bisa ngerjain soal kayak gitu?

Jujur, ini gue nulis sambil mengesampingkan pr dari guru tersebut. Kenapa? Yah jelas gue gak ngerti. Makanya, gue nulis aja. Lebih menenangkan.

Nih sekarang coba nalar deh. Pertama, gue gak ngerti dan gak dijelasin lagi. Kedua, guru memberi PR, kasus nya bakal sama lagi gak? Gue bakal berusaha mengerjakan semua soal tapi gak bisa sampe selsai, terus besok di sekolah, pas ditanya

‘Siapa yang gak selsai lagi?’

Dan gue akan tunjuk tangan, lalu ini terjadi :

‘Silahkan ke luar. Kerjakan sampai selesai.’

Lalu selagi gue di luar, dia memberi penjelasan lagi tentang hal/jenis soal yang baru ke mereka yang berada di dalam. Terus dikasih tugas lagi tentang itu.

Dan gue? apa kabar dengan gue yang di luar?

Yaudah gitu-gitu aja terus sampe mati. Besoknya begitu lagi. Menurut kalian, oh gak usah. Menurut Anda deh, jika anda baca tulisan ini.

Menurut Anda, tingkat ketololan cara mengajar ini berapa persen? Berhubung guru mtk, ah persen-persen mah gampang ya.

Kemaren-kemaren, gue ada sempet ngetweet kayak gini :




Iya, pendidikan sekarang itu kayak gitu kurang lebih. Ibarat ikan sama monyet dikasih tugas yang sama, tugasnya adalah untuk manjat sebuah pohon.  


Udah ah, mau coba kerjain pr mtk dulu terus mempersiapkan diri untuk dihukum besok akibat gak selsai tugas. Kebetulan mati lampu nih, makin gak bisa ngerjain tugas nih, haha. Dah ya, tunggu tulisan gue berikutnya. 

By the way, gue menikmati matilampu ini dengan lampu flash dari hape yang gue arahkan ke atas agar cahaya menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Gue biarkan, Cancer-nya twenty one pilots menemani gue.

Cancer.

0 Saran:

Post a Comment