Saturday, December 17, 2016

Sempurna?


Gila ya, bisa cepet banget guek balik ke sini. Biasanya, kayak butiran debu gitu, lupa arah pulang. Lupa arah nulis.

Detik-detik paling mantep untuk nulis itu, ketika punya beban di hati.

Oiyah, ini gue nulis jam satu pagi, sekitaran segitu lah, mungkin selsai ampe jam dua. Untuk hmm, kesekian kalinya, gue jadi nokturnal. Kemaren malem, gue lagi basket-an di rumah, nyokap dengerin berita. Entah dari stasiun TV mana, gue agak terusik dengan kalimat yang sempat keluar dari pembawa berita.

Yang pasti, mereka bilang, sering tidur malem atau terlalu sering mengalami gangguan tidur dapat menyebabkan atau memperparah Diabetes. Jelas, gue gak akan menjelaskan kenapa, kalian bisa check google sendiri. Gue tangkep bola yang lagi gue dribble. Mendekatkan diri ke arah kipas, bau bangsawan serta suara TV bercampur dan menyebar ke seisi ruangan. Gue mulai fokus sama TV. Dialiri keringat yang bercucuran. Di akhir-akhir berita, gue akan melamunkan pikiran. Gue lempar ke tempat asal bola.

Gue ambil baju, gue mandi.

Di bawah guyuran air, gue mulai berpikir. Kalo berita itu emang benar, kayaknya, gue udah kayak tebu atau martabak manis. Manis banget. Saking manisnya, sampe enek.

Yah, gak nyangka, gue bakal tumbuh semanis ini. Kalo emang gue semanis ini. Gue sih gak bisa berterima-kasih ke lain orang lagi, selain ke elo (yang ngerasa). Karena, ‘elo’ yang bikin gue terjaga di tiap malam. Otomatis, gue manis karena elo. Jadi, makasih ya.

Sejak keluar kamar mandi, gue masuk ke kamar. Ngaskus. Gue sibuk dengan Kaskus. Gue cari lebih,, tentang, kenapa sih gue gak bisa tidur. Ada tertulis, Legenda Jepang sih katanya. Ketika lo gak bisa tidur, mengartikan lo sedang dimimpikan oleh seseorang.

Oh, ok. So, if everyone could stop dreaming about me. That would be fucking great. Coz i need to sleep. I really do.




Gini loh, tolong lah. Gue tau kalian semua mimpiin gue. Tapi, kalian mau gue gak ada di dunia ini? Gue butuh tidur. Tolong, malem ini, biarkan gue tidur dengan damai. Terutama untuk ‘elo’. Jadi lo pikir, gue bisa tidur?!!!!!!!

Ya bisa sih, subuh.

Gue bakal menyalahkan-menuntut lo atas tindakan keji ini.

Gak Cuma legenda jepang. Ada yang bilang di sana,

“Ane juga sering begitu tuh gan, kalo ane sendiri, ngerti kenapa bisa susah tidur. Pertama, doi gak pernah bisa keluar dari kepala. Kedua, agan mungkin terlalu sibuk sama pemikiran agan. Tentang, skejul, atau, hal yang tidak mungkin terjadi di hidup agan.”

Parah, itu true banget. Gak Cuma gue, banyak makhluk lain setuju. DI bawahnya, rame banget

“Sundul gan sundul, sundul.”

Maksudnya, biar orang lain bisa membaca tulisan itu, tulisan itu harus berada di bagian teratas. Maka, disundul. Keren ya.

Buh, udah jam dua lewat. Tulisan baru segini...

Barusan aja, gue mikir. Selain dua alasan di atas. Kenapa sih gue gak bisa tidur? Yah walaupun, setiap kali gue mikir, gue selalu berbenturan dengan dua alasan tersebut. Ke satu gue sangat setuju, gue yakin, alasan pertama adalah 80% penyebab gue gak bisa tidur. Untuk yang ke dua, bener juga sih. Gue sering berpikiran, gimana kalo gue jadi ganteng. Mungkin, ganteng adalah faktor penghambat tidur gue.

Lanjut, setelah gue selikidi, gue terlalu banyak pikiran. Tentang? Sebagian besar sih tentang liburan kali ini. Yah gimana ya. tolong, jangan ada yang nanya, gue liburan ke mana. Ke rumah. Gue liburan ke rumah.

Gini, gini. Kita semua pasti pernah lah, iri atau sekedar pengen nyicip-nyicip kehidupan orang lain. Gue sering. Sabar, gue bikin kopi dulu.

Sambil gue menyeruput kopi di pukul dua ini, gue akan melanutkan tulisan ini, karena topik ini pengen banget gue ceritain, dan, ini lagi up banget mood gue untuk nulis.

Balik. Mungkin, kalo kalian mau mengisi kolom komentar yang udah berdebu karena gak pernah diisi, kolom komentar kali ini bakal penuh parah kalo gue tanya kayak gini :

“Yang pernah iri hati, yang pernah pengen hidup di kehidupan orang lain, tunjuk tangan. Sebutkan password, rebut hadiah 2 juta rupiah.”

Entah kenapa ya, hidup orang lain itu kelihatan baik-baik aja. Malah kadang, jauh lebih baik bila dibanding ama punya kita sendiri. Tapi sejak lama, gue selalu percaya. Sejak awal-awal gue punya rasa iri kayak gitu, gue selalu bertanya-tanya, ‘Emang iya tah? Hidup dia sebagus-sekeren itu?’

Gue percaya, bahwa gak ada hidup yang sempurna. Lah, gue yakin, salah satu dari kalian pernah berharap jadi gue. Entah siapa. Tapi gue yakin ada. Kalo bukan kalian, kalo gak ngerasa, tolong jangan menghujat. Gue tidak berdosa atas itu, tolong.

Bahkan banyak yang bilang, hidup gue itu enak banget. While, gue sendiri pengen-gakpengen dengan kehidupan ini. Gue pengen jadi si A, gue pengen jadi si B dan lain-lain. Dari situ, gue mulai berpikiran, hidup gue udah cukup baik. Udah cocok. Ini yang terbaik yang bisa gue dapet. Walau memang, kadang masih suka iri. Gue yakin, ketika gue pengen jadi si A, mungkin aja si A pengen jadi si B.

Semua punya ples-mines nya. Gue yakin hal itu. Nih, contoh, untuk orang yang kayak gue, yang katanya enak karena, gue bebas (contoh, gue bisa nginep di mana-mana dengan mudahnya), gue selalu bisa tersenyum, gue selalu bisa bikin ketawa, dipandang baik sama semua temen. Well, itu semua menurut gue emang bener. Tanpa tau di balik layar, gue selalu punya masalah. Apapun itu, gue sering banget kebentur sama masalah ekonomi. Pasti kalian ada lah yang kayak gue juga.

Oiya, gue mau bilang sesuatu. Orang yang selalu tersenyum, yang selalu bisa atau berhasil banget bikin orang lain ketawa gak selalu bahagia. Itu.

Nah, gak puas ? gue kasih contoh lain. Banyak orang tua yang kaya raya, tapi punya masalah. Entah anaknya sakit-sakitan, entah anaknya punya kelainan, atau bahkan punya masalah sama saudara-saudaranya.


Kalo kalian bilang :

“Ah, kayaknya enggak deh. Gue sering pergi keluar kota atau keluar negri bareng keluarga. It was all fun. Gue bisa beli ini, beli itu dengan mudahnya. Hanya berucap, barang tiba. Bahkan, kadang gue gak minta, barang datang sendirinya.”

Gue mau nanya, apakah dengan begitu kalian selalu bahagia? Apakah kalian selalu bahagia, gak pernah sedih ? Gue yakin Bill Gates pun punya masalah. Gue liat, banyak banget temen gue yang notabene yah, hidup berkecukupan atau bahkan berlebih. Selalu pergi ke luar negri, yah dongeng atau novel banget lah hidupnya. Tapi gak pernah bebas. Gak pernah boleh bebas.

Mau ini, mau itu, selalu ditahan sama orang tua. Kadang, yang temen gue butuh bukanlah uang, tapi kebebasan. Gue melihat, itu banyak terjadi. Kalo gue banding-bandingin lagi sama hidup gue yang sederhana ini. Gue merasa hidup gue lebih baik. Yah walau yang tadi lagi, gak ada hidup yang sempurna dan batu sandungan gue adalah ekonomi, tapi gue merasa kebebasan jauh di atas segala-galanya.

Bagi gue, apa yang utama dalam hidup ini adalah bahagia. Entah bagaimana cara orang tersebut bahagia (emang sih, banyak kebahagiaan datang dari uang. Tapi, gak selalu kan, orang yang punya uang bahagia). Cara gue bahagia adalah dengan gue bebas.

Nginep di tempat temen atau di mana-mana, terserah gue. Malah, kadang, gue kangen rumah. Bisa ya begitu. Ketika gue berada di rumah orang, malah gue kangen rumah sendiri. Kadang, rasa kangen itu muncul ketiga udah hari ke tiga atau ke dua pas nginep. Rasanya pengen banget di rumah.

Ngomong-ngomong soal nginep, liburan kali ini, temen gue semua pada pergi. Ada yang keluar negri, keluar kota, ada yang keluar angkasa. Ada yang udah pergi, ada yang baru mau pergi, ada yang mau pergi tapi keiket sama jadwal pembagian rapot, ada.

Gue jadi sedih. Temen gue pergi semua, sedangkan gue mematung di rumah. Artinya, gue bakal menghabiskan semuanya di rumah. Sebuah hal yang tidak biasa bagi gue, ketika satu minggu full gue bisa berada di rumah.

Bagi temen-temen gue yang cerita tentang rencana liburan mereka, gue suka. Gue jadi sering merhatiin mereka di sosmed. Diem-diem, gue mau tau, apa yang mereka rasakan atau lakukan atau alami menjelang rencana besar tersebut. Ada temen seperjuangan gue, aktif di Twitter. Kadang kita sering saling berkicau.

Gue perhatiin, dia kena insomnia juga. Mirip-mirip gue. Karena kadang, di tengah malem dia sering berkicau. Sebenernya, gue bingung. Orang ini, insom karena gak siap akan rencana besar atau masalah cewek. Kebetulan temen cowok.

Sebelum dia pergi, kemarin-kemarin gue nginep tempat dia. Saling bertukar cerita. Ternyata, hal yang menghambat kita berdua. Hal yang menghambat kami sama. Cewek. Berdua, sama-sama punya masalah yang kembar. Iya masalah cewek, tapi...

Gini, aduh gue nangis nih, ini lagu yang nge-play lagu endless love versi instrument gue dapet dari temen gue cewek. Udah lama. Bentar, gue seruput dikit kopi coklat dulu.

Balik. Kalian kesel gak sih, ketika kalian chat sama orang yang kalian sayang, atau orang yang kalian kagumi. Yah dia respon, tapi seakan-akan dia berharap tidak ada percakapan tersebut. Contoh,

“Kamu lagi ngapain?”

“Makan.”

“Wah enak amat awas gendut wkwk”

*Dua puluh menit kemudian dia baru bales

“sbb”

“abis makan ya, kenyang banget atau kenyang boongan nih? Wkwk”

“iya abis makan.”

“Oh gitu ya wkwk”

“Iya”

Wtf.

Kalo sebuah percakapan, yang mau ngembangin Cuma satu pihak, yah gak akan jalan. Harus dua-duanya mau ngembangin. Nah, ini adalah masalah gue dan temen gue. Kadang, jadi negative thinking. But yes, fase terakhir dari galau adalah ketika mulai neting. Contoh : Dia gak bales chat tanpa kabar. Orang yang galau bakal mikir, ‘ah, kayaknya dia gak mau ngobrol deh...’

Kita berdua juga punya hal yang sama lagi. Kita berdua selalu kangen kalo gak chat. Tapi ya gitu, kalo chat bikin sakit sendiri. Fiuh...

Gue udah bosen sama persaan itu. Gue seneng, sekarang ada temen seperjuangan.

Eh udah ya, udah jam tiga nih. Oya, gue mau tanya dong, atas kelangsungan hidup gue, kalian tolong gue. Entah kenapa, gue sering banget sakit atau ngilu-ngilu kecil gitu di bagian dada kiri. Ada yang tau?

Tolong.

Kalo mau kirim dana juga bisa, ATM BCA? Ada. Dm aja. Atau temuin gue di Twitter.

Saya siap, menanti dana bantuan dari anda.

Bagi mereka yang mau membantu sahabatnya, maka ia akan ditinggikan.


Hehe.
Read More

Tuesday, December 13, 2016

Kabar baik untuk para wanita...

*draftedscript.

Haruskah gue bilang ‘hai’?

Oke, hai.

Di saat kalian baca ini, gue bener-bener baru pulang dari tempat inap gue semalem. Gue pulang pagi-pagi supaya gue bisa memenuhi tujuan gue, TIDUR.

Juga, gue nulis ini ditemenin sama The Beatles – Love me do. Sebenernya, lagu ini gak bagus-bagus amat menurut gue, tapi lagunya lucu. Gue suka.

Semalem, gue udahan basket sekitar jam setengah tujuh malem. Terus sekitaran jam tujuh gitu, sesuatu terjadi pada gue. Entah apa itu, perasaan apa itu gue juga gak ngerti. Yang pasti, ada sesuatu. Selanjutnya, sekitar hampir jam 8 malem, gue izin ke nyokap untuk cabut ke rumah temen. Sekedar refreshmymind. Di saat gue butuh pundak untuk gue basahin, gue akan pergi, entah ke mana. Yang pasti rumah orang, gak ke hutan juga.

Tujuan gue nginep semalem, sekedar cerita. Gue pikir, bisa mengurangi beban gue. Ternyata enggak. Di sana, gue Cuma numpang tiduran, tanpa bisa menghilangkan ‘an’ dari ‘tiduran’. Orang lain, bahkan yang punya rumah udah terlelap di pukul dua belas. Gue masih terjaga hingga matahari muncul. Ketika jam, menunjukan kemiringan 90 derajat, gue pulang.

Gak tau, ini salah satu rasa/perasaan yang paling gue benci, Coldplay jelas banget ngungakpinnya di salah satu baris lirik ‘Fix You’. Yang mana adalah : ‘When you feel so tired, but you can’t sleep’. Gue tau, kalian bakal setuju ama gue. Itu merupakan salah satu worst feeling.

Gue bakal kubur perasaan ini untuk gue sendiri. BIarin, perasaan ini menggerogoti gue.

Gue udahan dulu. Ini unfinished/drafted script. Gue gak tahan, mau tidur cuy -_-
Hai, ini gue lagi. Gue dari waktu yang berbeda. Gue baru aja selsai mencoba menghapus ‘an’  tadi. Tetep aja, gagal. Kali ini, gue nulis, sambil nyicipin Indomie kuah. Laper banget parah. Telor sebagai penghias mie, gue rebus secara hati-hati. Hanya takut, kuningnya pecah. Kuning telor, salah satu nikmat duniawi.

Oiya, sebelum gue lanjut tentang tulisan sebelumnya, gue mau nanya, moga-moga keresahan gue selama ini bisa terjawab. Ada yang bilang, atau, kalian pernah denger gak sih, katanya kalo kita suka putih telor, artinya kita sayang bapak, dan kuning telor untuk emak. ( koreksi gue kalo terbalik ). Ini menimbulkan pertanyaan untuk diri gue sendiri. Apakah dengan begitu, mengartikan, berdasarkan pepatah di atas, kalo gue makan bapak gue artinya gue sayang putih telor. Begitu juga, kalo gue makan emak, maka, gue sayang kuning telor. Begitukah?

Oke jayus.

Gue hanya mencoba mencarikan suasana, kayak kuning telor yang lagi di mulut gue, cair(keluar) di dalem. Hehe.

Wah, untuk setingan margins layout default Microsoft word, Kalimat ini udah masuk halaman dua. Gak nyangka, tulisan sampah gini bisa berjalan sampe sini.

Lanjut, banyak yang nanya, kenapa gue sering nginep atau menerapkan nomaden dalam hidup gue ?

Pertama, nginep tempat orang, hal yang pasti adalah ada sarapan pagi. Yang mana, kalo di rumah sendiri, kadang gue tidak mendapatkannya.

Kedua, gue bisa lupa masalah gue, walaupun untuk masalah semalem, tidak membantu banyak. Tapi lumayan lah.

Udah.

Itu aja. Apalagi yang pertama. Hmm…

Kadang, gue di rumah aja keabisan air putih. Maka, kalo ada tukang air dateng, gue langsung lari, memasang muka penuh kemenangan. Sambil teriak “Makkkkk, mata air sudah dekat!!!”

Untuk kalian yang mau tau, itu. Eh gue udahan lagi ya. Nanti gue lanjutin lagi, which is kalian bakal baca lanjutan tulisan ini di bawah. Tepat di bawah ini.

Halo, ini gue lagi, dari waktu yang berbeda juga. Gue mau update kondisi gue, gue mati kaku di hadapan komputer. Nungguin patch-an dota 7.00. Sambil makan nasi super panas campur garem laut. Wah, nikmat parah. Nanti, gue punya cita-cita bikin restoran nasi-garem. Gak tau kenapa, menurut gue, orang yang bisa membuat gue kenyang dan merasa nikmat-nikmat aja makan dengan menu ini Cuma nyokap.

Nih, gue kasih bocoran yah ke kalian para wanita, yang berharap jadi istri gue kelak. Iya, tulisan di bawah ini gue persembahkan untuk sebagian BESAR dari kalian. Bukan begitu?

Tentu, semua laki-laki pengen punya cewek yang bisa masak. Nah, untuk gue, kalian gak usah repot repot. Gue gak akan minta dibikinin yang aneh-aneh (pizza gak aneh kan?) Yang gue minta Cuma bikinin gue nasi pake garem. Udah itu doang.

Kalo bisa se-enak nyokap gue, fix, kita nikah. Gak tau, bahkan gue sendiri kalo bikin, Cuma ada tiga kemungkinan :

1.       Keasinan

2.       Gak asin / tawar

3.       Darah tinggi, hipotensi, bibir pecah-pecah, gigi berlubang.

Atau kemungkinan terakhir, gue bakal meninggal gara-gara nasi-garem. Lalu gue bakal gentayangan, Karena mati penasaran, penasaran akan nasi-garem buatan nyokap.

Nah gitu. Keren kan gue, suami-able banget kan, gak meneko-neko. Nanti, pas salah satu yang beruntung di antara kalian, pas dateng ketemu nyokap gue, yaialah, kalo ketemu bokap gue, serem juga sih.

Sabar, gue cela dikit. Udah halaman ke tiga nih. Banyak ya.

Pas kalian dateng ke rumah, untuk menemui nyokap gue. Nyokap gue bakal bertanya,

“Kamu bisa masak apa?”

“Apa aja kok tante.”

“Coba kamu biki…..”

Lalu gue mencela nyokap. Meletakan telunjuk gue tepat di bibir nyokap. Sambil mendecitkan suara “sssttt…” Cukup Ma. Dia hanya perlu bikin nasi-garem. Untuk menggarami hati yang tawar ini.

Lalu gue bakal ngangkat dan meletakkan kaki kanan gue di atas meja ruang tamu. Sambil teriak : “Makkkkk, mata air sudah dekat!!!” (Kebetulan tukang aer dateng)

Buih, keren bener kan gue. Semoga itu bisa tercapai. Berbahagialah kalian yang membaca ini. Jadi, kalian bisa latihan dulu bertahun-tahun sebelum kita benar-benar nikah.

Sekarang udah saatnya, udah pas banget kalo gue bilang :

You’re welcome, ladies.”

Parah, ini tulisan tergoblok 2K16.

Kalo kalian baca ini ketawa, mungkin selera humor kalian bisa ditingkatin lagi.

Semoga kalian tertawa. Semoga kalian terhibur.

Lucu ya, ada orang yang benar-benar butuh hiburan, tapi malah meng-amin-kan agar orang lain tertawa-terhibur.

12-13-16
Alex,
Calon suami-mu.


Read More