Tuesday, March 28, 2017

Eh, gimana-gimana ?


Wah. Jelas, ada sesuatu yang terjadi pada gue, kalo tiba-tiba ngepost atau tiba-tiba produktif. Bukan, bukan karena ujian-ujian atau tugas sekolah menjelang kelulusan yang numpuk.

Cerita singkat aja. Ini semacam lanjutan dari post-post sebelumnya. Ini masih tentang dia. Tulisan ini akan didominasi oleh dia, why ? karena satu hari ini full gue mikirin dia. Hell.

Gue nulis ini aja, baru banget sekarang, abis chat ama dia. Terus ternyata dia memutuskan untuk menjemput pagi bersama malam, dia tidur. Perasaan gue kacau banget, gatau pasti apa. Gue ngerasa seneng (banget) iya, gue ngerasa takut iya, gue ngerasa sedih juga iya, cemas iya, bangga iya, ah banyak. Ini baru banget gue kelar mandi, langsung nulis.

Tebak apa yang terjadi.

Kalian gakperlu tau orangnya untuk nebaknya bukan? Tebak aja. Apa yang terjadi ama gue.

Gue jelasin dari awal banget.

Well, beberapa hari yang lalu, Gue iseng-iseng ikut kerja kelompok temen gue (walaupun beda kelas) tapi mereka ngajak gue, entah tujuannya apa, padahal, jelas gue gak akan membantu masalah mereka. Tapi diajak, dan karena gabut, ya yaudahlah.

Akhirnya, gue ke lokasi kerja kelompok, di rumah salah satu anggota kelompok mereka. Gue dateng seperti agak awal. Anggota yang lain belom pada dateng, Cuma ada cowo-cowo. Gak lama, yang lain dateng barengan.

Awalnya biasa aja. Sampe, ketika tuan rumah nanya,

“Pada darimana ? “

Salah satu dari mereka jawab.

“Abis dari pesta, ada yang mau perpisahan. Katannya.”

Kalian, pasti tau pesta siapa yang gue maksud.

Yang bikin gue patah hati sepatah-patahnya adalah, perpisahan. Yah, yang kayak gue bilang di sebelumnya, gue mencari dia di sekolah gue nanti. Gak ketemu. Terus sekarang, dapet kabar kayak gitu. Gue yang emang diem-diem aja, yang berusaha mencerna dalam diam, terasa jelas gue ditusuk. Dari segala penjuru arah.

Percakapan tersebut tidak berlangsung lama, ya karena, bagi mereka itu bukan hal seberapa penting. Bagi gue, hal besar. Sejak itu, gue gak pernah berhenti mikirin dia. Hm, lebih tepatnya, gue lebih mikir sih, masa iya, gue harus jadi manusia tolol dan nyesel nanti hanya karena gue melewatkan dia.

Setelah itu, hari-hari gue, terutama bagian malam, selalu terasa gak seimbang. Ada yang berat. Tiap malem, gue tatap hape, udah ketik panjang-panjang di kolom chat, tinggal pencet enter, tapi selalu tombol backspace yang berperan. Sampe, akhirnya. Semalem, gue berani-beraniinn aja. Gue ketik. Kali ini gak panjang. Tepat dua belas menit setelah hari berganti, gue paksa untuk menekan enter. Udah gue bilang, gak panjang.

“Hai”

Itu aja.

Gue semaput.

Setelah, setengah atau satu jam tidak ada balasan, gue akhirnya memutuskan untuk tidur. Yah memang, terkesan gak sopan, nyapa malaikat malam-malam. Padahal, pagi selalu ada.

Lalu pagi, pagi ini, gue bangun, setengah tujuh, tepat. Entah kenapa bisa tepat. Gue cek hape, dia bales. Mata gue kebakar. Rezeki di hari nyepiiiii, ciyuuuuu.

Yah, gue makin semaput. Dia yang gak mengenali gue, bertanya siapakah manusia lancang ini. Gue jawab nama gue, respon dia, semacam,

“oh”

Gue sih takut. Takut setakut-takutnya, kalo dia merasa risih dengan adanya gue. Gue bales panjang-panjang. Gue bales dengan hal yang gak jelas. Gue bales dengan percakapan aneh. Gaktau kenapa, gue gak bisa berhenti ngetik. Contoh.

Ketika gue ketik sesuatu, terus udah ada info bahwa dia udah read. Gue takut, dia gak terhibur. Gue takut, dia ngerasa gue freak, gue aneh, lalu tebakan tebakan itu membawa gue untuk mengetik hal yang lebih gak jelas lagi. Yang mana, bikin gue lebih terkesan bodoh.

Chat terus berlanjut sampe kira-kira, hampir aja, tipis,  jam membentuk 90 derajat di pagi hari. Dia read doang chat gue. Yah, saat itu, gue gak berharap banyak. Ya memang, apa coba yang mau diharepin ? mana ada, mana bisa. Gue pikir, saat itu, yah memang, udah sampe situ. Cukup. Dia Gak akan mau apa-apa lagi.

Nungguin hal yang gak pasti, membuat gue lelah. Gue memutuskan untuk ke rumah temen, tujuannya kerja kelompok. Ujung-ujungnya numpang tidur. Entah kenapa, siang gue jalani dengan rasa tidak nyaman. Gelisah. Gak sabar. Bahwa, tiap menit, tiap jam, gue selalu ngechek hape. Yah, kita semua tau kenapa.

Malem mulai manjat. Oiya, belakangan ini gue jatuh cinta ama lagu Surat Cinta untuk Starla. Cerita dikit, jath cinta karena Music Video nya keren,, dan lagu-liriknya emang mantap. Gue nungguin malem, bersama lagu tersebut. Tiba-tiba, hape geter. Awalnya, males parah. Karena, dari tadi siang, hape geter karena harapan palsu. Entah, siapa yang bikin notifikasi, penting/gakpenting, selalu membuat gue kecewa, karena tetep aja, bukan dari dia.

Sampe akhirnya, dia ngechat. Dia ada bilang sih, semoga gue gak kenapa-kenapa dengan kasus dia read itu. Gue bales, yak gapapa. Yah emang hak dia kok. Tapi, dari situ, kalian harus paham bahwa, it made my whole day. Dari yang kayak gak ada semangat, sampe gue bisa lompat-lompat kegirangan di dapur.

Udah. Kan dia udah tidur sekarang. Nungguin fajar. Enak ya, jadi fajar. Ditungguin ama malaikat.

Di sini, gue gak mau cerita banyak tentang apa yang gue obrolkan. Gue Cuma mau ngebahas yang tadi. Yang dia harap gue gakg kenapa kenapa.

Gini, gini, gini. Bagi gue, agak aneh sih, ketika dia bilang kayak gitu. Yang mana, kenyataannya, yah gue bisa-bisa aja nerima keadaan yang dia r aja. Lah karena, gue tahu diri lah. Di sini, gue sebagai orang yang sayang. Lah, kan, itu yang paling penting ketika berusaha akan seseorang

Kita harus sadar, sadar apa ? ya kita harus sadar posisi kita. Kan, kita yang sayang. Kita gak berhak apa-apa untuk maksa dia. Nih gini. Simpel aja. Contoh

Kan, gue yang sayang sama elo, gue yang deketin elo. Hak gue untuk bisa deketin lo. Dan, jelas, lo gak ada hak apa-apa untuk ngelarang gue dalam mencoba mendekati elo. Yang lo punya, Cuma satu. Lo berhak milih, mau atau kagak. Nah, di posisi ini, gue sebagai yang sayang, harus sadar. Ketika lo gak mau, gue harus bisa menerima kenyataan. Bahkan, sebenernya, lo gak harus minta maaf atau takut akan apapun. Ya karena ini hak lo untuk nolak gue, dan sudah sepantasnya gue sadar.

Intinya, kalo emang orang yang lo sayang gakmau, dia gak harus atau gak wajib untuk bilang maaf dalam hal apapun, kecuali, mungkin dalam hal kejujuran. Kejujuran ketika dia mengungkapkan dia menolak. Yah, kita mana bisa apa-apa kali. Jadi, menurut gue, hal yang dia lakuin itu, agak aneh, karena gue sadar dia gak mau.

Atau...

Dia mau ?


Read More

Saturday, March 4, 2017

Mereka bukanlah dia

Udah nulis lagi aja, rajin  ya.

Tanda-tanda seorang penulis memiliki beban pikiran adalah meningkatnya kuantitas tulisan. Karena butuh sesuatu untuk diluapkan.

Hari ini patah hati banget. Banget. Buktinya, kejadian satu hari doang, bisa jadi tulisan untuk bahan blog. Apa yang terjadi hari ini ?

Well.

Jadi, tanggal 4 Maret 2017, anak senior (kelas 9) yang mendaftar ke sekolah yang bersangkutan, akan melakukan test. Ada dua sekolah yang sudah menjadi sahabat dalam selimut bagi sekolah gue. Jadwal test mulai pukul satu siang. Sedangkan pada jadwal asli sekolah, gue dan kawan kawan baru kelar sekolah pukul setengah satu. Maka, anak-anak yang sudah didata dan memang berkewajiban datang ke sekolah yang bersangkutan untuk mengikuti test, diberikan dispen, agar pulang satu jam 
lebih cepat.

Jujur, gue penasaran. Gue seneng. Akan gimana sekolah gue nantinya.

Pihak sekolah memberi instruksi, mereka yang bersangkutan sudah boleh pulang, dan mereka yang tidak, tetap berada di dalam kelas. Anak – anak kelas tiga pada ricuh. Ramai. Bisik-bisik sepanjang perjalanan menuruni tangga. Cukup ramai.

Di sinilah, patah hati gue terjadi.

Jelas, dia tak pernah luput dari usaha mata gue mencari-cari, menerka-nerka keberadaannya. Nihil. Gue tidak menangkap sedikitpun bagian dari dia di tengah keramaian. Sudah gue cek berkali-kali, teman sekelasnya sudah pada keluar. Dan ketika temannya keluar, gue sudah mengabsen nya satu persatu. Gue yakin, dia tidak ada.

Lalu ada hati yang patah.

Gue tarik napas dalam-dalam. Mencoba menenangkan pikiran.

Gak bisa.

Hal ini mengartikan, dia tidak akan bersekolah di kedua sekolah itu. Yang mana juga, mengartikan, gue-dia akan benar-benar berpisah. Jujur, sampai saat inipun, gue gak pernah tau dia mau ke mana nanti. Yang pasti, dia punya segalanya untuk pergi ke luar. Entah ke negeri orang atau ke tanah orang. Gue yakin dia memang pantas untuk mendapatkan yang lebih di luar sana.

Tapi...

Test berjalan baik-baik saja. Gue, bangga bisa melewati hari ini. Setiap test yang ada tadi, pikiran gue gak pernah bisa benar-benar fokus. Pasti ada, satu atau dua bagian dari otak gue yang terbang ke dia. Jujur, gue patah hati parah.

Bagi gue, ditinggal ketika masih menjadi pemuja rahasia itu lebih sakit dibanding ketika udah pacaran. Lah, kalo udah pacaran jelas, pernah samaan. Pemuja Rahasia ? toh, ada orangnya aja kadang masih nyesek. Gimana kalo dia pergi ?

Namanya pemuja rahasia, pasti orang yang egois. Gak pernah mau menuruti kata hati. Pengennya manggil, pengennya deket. Tapi selalu takut membebaskan. Takut terbentur dengan tembok-tembok kebodohan. Padahal paham benar, ujung-ujungnya, hanya penyesalan.

Banyak yang bilang. Kalo dia memang bakal pergi atau gue dan dia bakal pisah ujungnya, mendingan jangan sekalian. Biar gak patah hati nanti. Kan, kalo jodoh, juga bakal ketemu lagi.

Banyak yang bilang, banyak. Tapi, buat gue sendir, yah ada benarnya sih. Tapi kalian pasti ngerti lah posisi gue gimana. Gue lebih pilih, sakit hati daripada menyesal. Jadi gue pilih bertahan. Untuk saat ini, jadi pemuja rahasia aja dulu.

Gak tau kenapa, tiap hari, tiap malem, gue selalu pengen ngobrol ama dia. Tapi pas di sekolah....
Banyak sih kesempatan. Gue sering berpapasan ama dia.

everytimes she walked after me, i always knew, i just made a mistake. Im a loser.

Selalu ada sesuatu yang kecengkak di mulut gue, setiap mau ngomong atau manggil dia. Dia gak pernah benar-benar sendiri. Gue takut. Gue malu. Gue takut, dia malu untuk ngobrol ama gue. Gue takut, dia menganggap gue bukan apa-apa. Takut. Fearness is my only fear. Gue gak mau kongkalikong sama temen dia. Setting sandiwara sedemikian rupa biar bisa ngobrol ama dia. Yah, sebenernya itu ide yang bagus, but im not that man. Gue mau bareng dia, dengan usaha gue sendiri. Cemen dasar.

Oyah, tadi pas gue sampe ke sekolah baru untuk test, kan banyak tuh dari sekolah-sekolah lain juga. Nah, temen gue pada bilang. Bahwa gue bakal menemukan seseorang di sini nanti. Lupain aja yang sekarang. Toh, yang di sini juga gak akan LDR.

Giniloh giniloh giniloh....

Gue yakin, setiap dari kita, SETIAP dari kita. Pernah, tuh bertepuk sebelah tangan, atau ada sesuatu dalam hubungan kita dengan seseorang, lalu banyak yang bilang, udah sama si a aja, sama si b aja. Lebih baik mereka. Mendingan sama mereka. Pernah kan ?

Pernah kan, ketika kita suka sama seseorang lalu kita patah hati, terlihat sosok-sosok lain sepertinya lebih baik daripada dia yang menyakiti, tapi, mereka bukan yang kita mau. Justru yang kita mau, adalah dia, yang menyakiti tadi.

Mereka bisa saja lebih baik, tapi tetap aja, mereka bukan dia.


Kenapa jauh-jauh, sih...

Read More

Thursday, March 2, 2017

Gue kalo jadi bapak....



Gak lama setelah gue ngepost yang terakhir, banyak gosip-gosip tentang siapa orangnya. Pada nanyain ke gue. Bahkan ada yang nanyain ke temen-temen gue. Lah. Kalo gue sih, gak akan gue jawab. Siapapun yang nanya.

Toh, gue gak butuh siapapun untuk tau ini. Gue Cuma butuh dia tau. Dan dia tau. Gue yakin. Tapi ya tetep aja. Gue mah udah kayak manusia avertebrata ketika ada dia. Tak bertulang belakang. LEMES coy. Belom lama ini, sebenernya, ada satu kesempatan berlian. Bukan emas lagi, berlian tingkat Sorga. Walah. Gue lagi berurusan dengan seseorang pihak sekolah. Eh, tiba-tiba dia juga punya urusan yang sama. Mungkin, itu adalah jarak terdekat antara gue dengan dia dalam tiga tahun terakhir. Paling tiga puluh centi.

Berani ngomong ? kagak.

Astaga. Siklusnya itu selalu sama.

Ngerengek minta kesempatan, Dikasih kesempatan ama Tuhan, selalu gagal memanfaatkan kesempatan, menyesal.

Udah. Gitu doang. Bener, gitu doang. Aduh, dia mah sempurna bener, Tuhan... Terkadang, eh selalu sih. Ya biasa lah. Semua orang melakukan ini. Sebelum tidur, pasti ada saat-saat di mana kita bisa berpikir. Punya waktu, berpikir, yah tentang apa aja. Toh, gak ada orang yang bisa baca pikiran ini. Ini adalah saat-saat seseorang berkaca akan hidupnya. Tiap malem. Kadang gue berkaca. Gue mencari-cari, apa yang membuat gue sebegitu cemennya di dekat dia. Masalahnya Cuma sesuatu, gue selalu berpikir kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Padahal gue tau, gue sadar. Kalo gue melewatkan dia, yang mana kabarnya dia bakal menjelajah lebih jauh di masa SMA, gue akan menyesal berat. Bisa-bisa, dia beneran jadi yang terlewatkan.

Mungkin salahku, melewatkanmu, tak mencarimu, sepenuh hati, maafkan aku. – Ceila On Cepen

Nah, hal-hal yang gue pikirkan adalah, yang sangat-sangat-sangat-sangat menggagu gue ketika berada dekat dia.

Gimana kalo dia jualan kacang. (kacangin)

Gimana kalo seandainya dia gak mau kenalan/ berhubungan sama orang kayak gue.

Gimana kalo seandainya tiba-tiba dia jantungan ngeliat gue

Gimana kalo, jadinya, dia malah ilfeel ama gue, dan gimana kalo emang bisa ngobrol ama dia, gimana kalo hubungan kami bukan Cuma punya kita aja, contoh, orang tua dia gak setuju, lalu malah memantapkan piihan agar dia pergi sekolah lebih jauh lagi. Ke Afrika misalnya, gimana kalo dia di sana, tanpa kabar, mati mengenaskan didepak burung unta. GIMANAAAAA!!! (Ini sih yang paling parah)

Jujur, gue kadang takut. Gue memang beneran takut dengan kemungkinan terakhir. Well, kalo gue jadi emak bapak dia juga, gue bakal ngelakuin yang sama. Melihat anak perempuan yang hebat, harus deket sama cowok compang camping. Lah, kalo gue jadi bapaknya, tuh cowok bakal gue suruh agar menjauh. Menyakitkan memang bagi sang cowok. Tapi gue merasa, itu adahal hal yang terbaik bagi anak gue.

Nah, gimana kalo itu semua memang terjadi. Hancur hatiku. Tapi gue percaya sama satu kuwots. Sebenernya ini kuwots basket. Tapi entah kenapa pas juga untuk hal beginian. Ini dari si Jordan. God of the game.

“You missed 100% shots you didnt take.”

Well shits. Well, hell true. Ada satu lagi.

“50 % jadi 0% ketika gak lo lakuin.”

Oke tai. Oke Neraka bener.

             Udah ah. Gue jadi sedih merenungkannya. Oiyaahhhhh

                Sudah minggu ke dua gue mulai datang ke pusat kebugaran. Gue udah menjadawlkan tiap hari kamis gue bakal gym. Sebenernya mau lah lebih sering, tapi uang nya pak. Bukan main, sekali dateng dua puluh lima ribu. Bisa buat makan tiga hari.

                Minggu lalu, gue bareng temen. Tadi gue sendirian. Wah.

                Lo tau, apa kalimat pertama gue ke temen gue saat itu ? saat pertama kali chek in, dan berdiri di depan locker room ?

                “Weh, lo, minder gak?”

                 Kita berdua ngakak.

                Uh. Gue gak tau, gue gak yakin. Dari langkah pertama hingga ke depan locker room itu, yang gue liat orang apa burung unta ( yang nendang dia ). Astaga. Lengan orang-orang itu cocok banget bersaing sama satu ekor ayam kalkun. Besarnya sama. Lah gue, disandingin sama bawang bombai aja jauh ke mana-mana.

                Gue gak banyak omong saat itu. Menunggu giliran penggunaan alat. Yah jelas, ga mungkin tiba-tiba gue keplak pala mereka.

                “ Tinggalin alat ini, atau lo mati! “

                Satu hal yang pasti, sekali geprak, gue bakal jadi keju gulung.

                Pas latihan, tiba-tiba ada seseorang. Jelas bodybuilder. Baju merah, bertopi dateng ke arah gue dan temen gue. Gak ada yang lain selain gue merenung, kesalahan apa yang udah kami lakukan. Well, gue udah titip salam terakhir kepada nyokap.

                “Member aja. Terus pake personal trainer. Jadi lebih terarahkan.”

                Gue ngangguk-ngangguk sok ngerti. Temen gue ? Ya sama lah.

                “Berapa, Om ?”

                Seandainya uang gue cukup untuk gue tidurin, gue bakal ambil. Sayang, uang gue kritis.

                “Seribu lima ratus.”

                Kaget kan lo. SAMA.

                “Maksudnya ? 1500 per pertemuan ?” Temen mewakili gue.

                “12 kali pertemuan.”

                “Beneran ? “

                “Iya.”

                Gue udah mulai mencium bau-bau mencurigakan dengan 1500. Gue berpikiran bahwa, 1500 yang dimaksud adalah lima belas ribu. Jadi, bayar masuk duapuluh lima ribu dan dia lima belas ribu. Total-total 40 ribu sekali latihan. Oke, oke. Bisa gue cerna dengan baik.

                Sebelum.....

                Coba sini kalian. Gue dan temen gue ngikut aja. Posisinya, biar kalian bisa bayangin. Kayak anak kecil yang kupingnya ditarik nyokap gara-gara gakmau mandi. Diseret. Gak separah itu sih. Tapi susananya chaos banget.

                “Nih”

                Dia menunjuk pada satu brosur.

                Tertera jelas di sana, sebuah kebohongan yang terungkap

                PERSONAL TRAINER

              12 x sessions = Rp. 1.500.000
              24x sessions = Rp. 2.500.000
              36 x sessions = Rp. 3.500.000

Kaget kan lo, SAMA. Saat itu, kalo bisa sujud. Gue udah menyembah berhala kali. Saat itu juga, kalo boleh ketawa. Gue udah ngakak. Juga kalo boleh mati, pala gue bakal gue benturin ke barbel. Biar mati terhormat, nyundul barbel.

Gila ! Satu setengah juta !

Itu adalah moment pertama. Yang kedua, hari ini.

Orang yang sama itu datang ke gue pas lagi latihan. Kali ini gak pake topi. Kepalanya hanya menyisahkan rambut tengah dari depan sampai belakang. Bagian kanan kirinya botak habis.

“Kamu kalo alat ini, begini caranya...”

Dia langsung nyerocos. Membenarkan posisi gue yang salah.

Saat itu gue sadar, gue lagi dilatih seorang hog rider.



Modusnya masih sama. Dia tetep nawarin personal trainer. Saat itu, otak licik gue keluar. Gue tanya-tanya aja. Terus gue mancing dia pake satu pertanyaan menjebak. Tapi kayaknya dia gak sadar deh.

“Mas, dulu yang latih siapa? Saat pertama bener latihan. Kayak saya gini.”

Tanpa sadar dia kena jebakan batman.

“Gak ada, latihan sendiri.”

Well. Kalo dia bisa latiihan sendiri. Kenapa gue kagak ? buktinya, sekarang dia gendong ayam kalkun di lengannya. Kenapa gue gak bisa, hayoo? Membuat gue semakin ragu untuk menghabiskan uang satu setengah juta. Mending buat beli mental, biar bisa ngomong ama dia.

Haha. Eh, udah dulu ya. Mau tidur. Besok mau lari...........

Malammmm.... (buat yang ngerasa)


Read More