Friday, October 13, 2017

The damned day



                11 Oktober.
                The damned day.

                Tengah hari gue habiskan dengan mengikuti Technical Meeting  atas salah satu lomba debate yang gue iikuti. Usut punya usut, tanpa sengaja, gue ketemu temen SMP. Karena, gue memang nggak tau bakal pulang ama siapa, gue minta dia untuk pulang bareng.

                Oke, dia mau.

                Setelah urusan kami masing-masing selesai, kami jalan pulang.

                Arah pulang

                “ Basket yuk. “

                “Ayuk” Kata gue.

                Akhirnya, kita berdua jadi ke rumah gue untuk siap-siap. Rencana selanjutnya adalah, ke rumah dia untuk siap-siap juga.

                Sampe rumah dia. Tepat banget dia ngecheck hape, ada telpon dari Joni.

                “ Joni nelpon.”

                Gue terdiam. Kaget, setengah mati. Fyi, temen gue satu sekolah dan kebetulan, satu kelas dengan Joni. Hmmmmmmm

                “ Kenapa ? “

                Gak lama, hape kawan gue diserbu telpon bertubi-tubi dari orang lain.

                “ Gue lupa. Ada janji, latihan band

                “ Astaga. Ada joni ?”

                Intinya, balasan dia adalah sadly, yes.

                Janji basket terpaksa cancel. Dalam perjalanan menuju studio, gue menemukan arti dagdigdug yang sesungguhnya.

                Ketemu Joni. Itu adalah hal yang gue pikirkan.

                Sebetulnya,, gue merasa enggak enak aja ketemu dia. Bukan gue benci. Beneran, gak ada unsur negatif sama sekali di pikiran gue terhadap dia. Malah, gue takutin, dia benci ama gue. Entah apa.

                Kami nyampe duluan. Mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Dia yang notabene seorang pemusik, aktif nyetem alat musik. Gue yang notabene seorang yang belom move on, aktif menduga-duga kedatangannya. Aktif mempersiapkan diri untuk kedatangannya.

                Walaupun studio kedap, entah kenapa, gue bisa merasakan orang di luar jalan. Gue selalu khawatir, itu adalah Joni.

                Ternyata bukan.

                Gak lama, ketika ruangan mulai dingin.

                Gue melihat sosok Joni dari kaca. Dia liat gue, gue liat dia.

                Kau masih sama, cantik seperti dulu.

                Kawan gue bukain pintu, ada jeda sedikit sebelum Joni masuk. Entah apa yang mereka berdua lakukan. Joni masuk, temen gue si kampret keluar. Menyisahkan studio kedap dalam hening.

                “Hai Alexxxx”

                Gue ? mau mati.

                “Oh iya, hai.”

                Gue enggak nyangka, dalam dua tahun, gue merasa keningnya membesar. Mengkilap. Selain kening, ada juga yang membesar. Hmm.

                Gue gak nyangka, dia bener-bener masih sama. Cakep, parah !

                Gue gak nyangka, dulu, dia selalu memberikan kebebasan bagi rambutnya untuk bersandar di pundak. Sekarang, Joni lebih memilih menuntut rambutnya menjaga keseimbangan satu-sama lain. Saling mengikat.

                Gue gak nyangka, setelah dua tahun lebih, gue masih belom move on.

                Kata ‘hai’ setitik, rusak move on sebelanga.

                Temen gue masuk. Dia yang memang deket sama Joni, bisa langsung ngobrol. Meninggalkan gue sendirian.

                Gak lama, anggota band lain dateng. Ada tiga lagi yang datang, satu yang gue kenal. Waktu terus berjalan, semua terkumpul, mereka latihan.

                Gue tepat ngemper di depan Joni. Sama halnya seperti dulu, dia makin mahir bersama keyboard-piano nya. Sedangkan gue, mainkeyboard aja serign typo. Tuhkan, typo.

                Keningnya yang mengkilap, rambutnya yang diikat, memberikan kesan bebas bagi siapapun untuk menikmati wajahnya. Yah, gue berani nantang cowok manapun untuk berada di posisi gue. Kalo enggak kagum, hebat.

                Gue minjem hape kawan gue, main game. Sebetulnya nggak, salah satu sarana gue aja untuk gak ketauan-ketauan amat ngelirik Joni. Astaga.

                Joni yang sedikit-sedikit banyak nyanyi, berhasil banget nimpuk gue balik ke belakang. Sesekali gue lihat matanya. Beda. Dulu, dia gak pernah biarin mata gue sebelah tangan. Dia selalu membalas. Balasannya kini hilang.

                Seiring latihan, gak lupa, gak jarang Joni mengingatkan soal ketukan kepada rekan satu band. Gak jarang juga, Joni membawa gue ke titik klimaks. Yang gue maksud adalah, momen klimaks di mana gue stop untuk ngeliatin dia, ambil jeda, liatin lagi.

                Gak kuat aja.

                Rekan band nya, sesekali melakukan hal yang konyol. Membuat seisi studio tertawa. Gue ? gue ikut-ikut aja, lebihnya, gue hanya kangen, dan merasa bahagia aja, bisa ngeliat Joni ketawa lepas. Suara ketawanya masih sama, banget.

                Yang gue tau, setelah kejadian dahulu, gue nggak pernah ngeliat dia ketawa lepas lagi. Kemarin, gue dapet kesempatan itu.

                Sekarang, gue yakin, dia yang emang berbakat musik, udah hampir menguasai semua alat musik. Terakhir yang gue tau, dia nggak bisa main gitar. Sekarang dia bisa.

                Gue ikut seneng.

                Sesekali kawan gue bilang bahwa dia nggak enak ama gue.

                “Bosen gak ?”

                “nggak.” Kata gue.

                Sebetulnya ? Bosen. Cuma, kali itu mungkin adalah pertama kalinya, gue selalu ingin merasa bosen. Gak pengen aja momen itu berakhir. But, kita semua tau, semua ada limitnya.

                Di akhir latihan, ketika semua udah pada minta jemputan. Sambil nunggu, salinglah tuker-tuker cerita. Sekolah gue gimana- sekolah mereka gimana.

                Sesekali, gue ngobrol ama dia.

                Gak tau apa yang dia rasain saat itu, tapi untuk gue, gue merasa seneng parah.

                Semuanya dijemput, sisah dia dan kawan gue.

                Gak lama, mobil yang memang udah gue curigai dari jauh tiba. Nyokapnya.

                Kaca kebuka,

                “Darimana Lex ?” Kata Nyokapnya.

                “Tadi, dari sekolah kok”

                “oh iya, duluan ya.”

                “hati-hati.”

                “Duluan ya..” kata Joni. Entah ditujukan kepada siapa.

                Gue menyaksikan dia masuk mobil, gue sadar benar bahwa waktu-waktu itu akan segera habis. Mobilnya perlahan menghilang. Menyisakan gue berdua. Entah, gue harus benci atau terimakasih sama kawan gue. Terlebih, karena Tuhan, gue yakin, itu adalah rencanaNya.
               
                Sedih ya, ketika hidup seseorang terus berjalan tapi kita nggak. Kita Cuma stuck di satu titik. Di sisi lain, kita memang bangga dan perlu turut bahagia tapi di hati yang lebih dalam, kita semua merasa sedih akan diri sendiri.

                Contohnya, Joni yang berhasil banget meneruskan hidupnya, dengan sama cowok-cowok baru, temen-temen baru, hobi baru, hidup baru. Sedangkan gue, gini-gini aja, masih stuck aja ama Joni.

                Banyak yang bilang, kenapa gue nggak bisa move on. Terus ngejudge bahwa gue nggak bisa move on. Mereka salah. Gue nggak mau.

                Gue masih percaya dan sampai sekarang pun masih nikmatin kenikmatan yang dulu bareng-bareng. Terlalu manis aja. Lagian, gue yang notabene belom move on rela-rela aja kok kalo Joni ama cowk lain. Iya rela, iyah.

                Gak nyangka, udah dua tahun.

                Oiya, selamat ulang tahun, madear.

               



Read More

Sunday, October 1, 2017

Bumi Ke Langit





                Ibarat grafik, hidup sekolah gue tengah nanjak. Ibarat ekonomi, hidup sekolah gue deflasi !
Tulisan ini dibuat pada 1 Oktober.
Belakangan ini,, banyak banget kegiatan gue. Gak pernah gue sekolah sesemangat ini. Pernah sih, tapi, long time agooooo.

Banyaknya kegiatan membuat gue drop beberapa hari. Gue tetep masuk. Entah kenapa, pengen aja. Padahal, belum ada cewek atau something like that yang memacu gue. Gue merasa rugi aja gitu kalo gak masuk sekolah. Merasa males aja ketinggalan pelajaran. Tumben ...

Kemarin-kemarin, tulisan gue dikirim ke Jawa untuk dilombakan. Sampe sekarang belom ada kabar menang kalahnya. Cuma bisa berharap-harap aja.  Terus, saat-saat gue nulis ini, gue lagi tengah mempersiapkan diri secara asal, untuk ikut lomba Debate yang bakal gue hadapi dua minggu lagi. Jujur, gue gak bisa. Gue gak tau debat itu gimana. Gue gak pernah nonton debat itu gimana. Debat yang bener itu gimana, gue gak tau.

Cuma, di SMA ini, gue mau merubah pemikiran gue. Bahwa, kalo gak bisa artinya mau bisa. Gak tau, gak ngerti, ya artinya coba. Ya artinya belajar. Gue berhasil memotivasi diri sendiri. Untuk ikut dan gak ngundurin diiri. Why ? karena gue percaya percaya aja, ini adalah anugrah dari Tuhan untuk gue. Untuk pengalaman gue, terlebih, untuk pembelajaran dari hidup gue.

Dengan ikut ini, gue percaya, menang atau kalah itu belakanggggg banget. Yang gue percaya adalah gue bakal bisa menjawab semua pertanyaan tadi, ‘debat itu gimana, debat yang bener gimana, nonton debat’ dan lain-lain. Syukur-syukur menang.

Di diary ini, gue harus menceritakan semua-muanya secara jujur. Wajib.

Tanggapan orang-orang dengan kehidupan gue sekarang, yah, karena bokap udah nggak ada, yang ada nyokap, jadi yang bisa keliatan bangga nya, Cuma nyokap. Bokap pasti bangga sih, anaknya berkembang. Ya kan ?

Tapi, bukan itu aja. Banyak temen-temen gue yang menurut gue tolol dan bisanya cuma komentar. Temen-temen baru sih mellihat gue sebagai orang yang pinter dan pantas di posisi ini. Temen-temen lama gue, yang notabene, tau dulu gue gimana, gue merasa bahwa mereka berpikir gue tidak pantas. Nggak pantes untuk berada di posisi ini semua.

Ketika gue ikut ini, mereka Cuma bisa ketawa.

“Emang bisa ?” Kata mereka.

Mereka gak ngerti, hidup itu berubah. Mereka yang bisa komentar, hidupnya Cuma di situ-situ aja.

Bahkan, ketika gue masuk ke ruang briefing (banyak temen lama gue) itu memandang gue sebelah mata. Jelas banget dari tatapan mereka. DI antara mereka-mereka yang sok pinter, gue berjalan, mereka terlihat ingin benar tertawa. Gak jarang, yang ngeledek.

Mengetahui gue dengan segala keterbatasan, salah satunya, pelafalan gue yang gak bisa benar-benar jelas layaknya orang banyak, dijadikan salah satu senjata untuk menjatuhkan.

Apa gue Jatuh ? malah lompat.

Gue malah makin terpicu untuk menjadi lebih baik. Ketika, kita pernah hidup yang rusak, kita jadi tau, mana yang benar.

Gue bukan tipe orang yang bisa turut bahagia sepenuhnya ketika temen gue menghasilkan suatu karya. Gue bukan orang yang bisa memberikan ucapan selamat secara tulus kepada orang ketika meraih sesuatu. Karena ketika orang begitu, artinya, hidup mereka selalu berkembang (bukan kesel ama ini) dan mengartikan juga, hidup kita diem aja di tempat. Mereka yang selalu menghasilkan karya, sedangkan gue, selalu tertinggal dengan mereka. Gimana bisa bahagia ?

Ketika orang lain hidupnya terus berkembang, sedangkan gue diam. Kan iri...

Sebetulnya, ketika orang berhasil menciptakan sesuatu, harusnya, bisa jadi acuan.

Oiya, cukup. Ada hal yang lebih penting.


6 September 2017

Malem-malem. Gue yang lagi sibuk main, nerima DM dari Joni. Kaget parah. Intinya singkat. Joni pengen hubungan sama gue berakhir secara baik. Gue sekali ngajak taruhan. Taruhan besok siapa yang menang. Yang menang gets a follow request. Dengan berbagai alasan dia nolak. Gue langsung paham. Segala alasan yang diberikan bukan bener-bener alesan.

Alasannya satu, Joni merasa cukup. Gak pengen apa-apa lagi. Gue paham.

Dengan segenap kedewasaan, gue mengerti tanpa harus diberitahu. Dengan segenap hati, gue menerima.

Ada patah hati, ada senengnya juga !

8 September 2017

Gue nonton tim basket gue melawan salah satu rivalnya. Yang mana, sekolah Joni. Dengan kaus merahnya, gue melihat Joni bersama Mamanya. Sosok-sosok paling memorable dari masa SMP.

Jalan bersama Nyokapnya tanpa tau arah berujung bertemu dengan gue. Gue senyum, mereka juga. Tanpa ada apa-apa, mereka lanjut jalan. Mereka curang, entah kenapa mereka bisa aja gitu jalan. Gue diam. Nggak tau harus ngapain.

Dua tahun lebih sejak terakhir kali bareng, dan gue belom juga bisa move on. Ditambah, alam yang iseng banget nemuin, buat gue sampe sekarangpun masih jatuh cinta. Sialan !

Game dimulai.

2 Tribun yang dipisahkan lapangan menghasilkan jarak. Perbedaan tribun dengan Joni melahirkan rasa selalu ingin menerka. Gue inget banget, jika dari posisi gue, Joni berada di kanan dari hadapan gue. Baju merahnya, khas banget. Melihat dia dari kejauhan, tertawa, having fun, sekaligus mendukung timnya, melempar gue jauh ke belakang. Damn.

Seneng ? Banget.

Selesai match, tim sekolah gue kalah. Entah kenapa, gue merasa biasa aja. Merasa lawan memang pantas. Gue yang pulang nebeng temen otomatis nunggu jemputan bareng. Lagi duduk, dari sebelah kanan gue, Joni dan Nyokapnya melintas. Gue yang lagi duduk, mereka yang berdiri dan berjalan, menjadikan gue terlihat seperti pemulung.

Tanpa apa-apa, mungkin mereka emang gak liat gue, tapi gue yakin liat sih. Tanpa memperdulikan taruhan yang gak jadi, Mereka lanjut jalan. Tanpa menghiraukan gue apa-apa, menuju mobil. Tak lama, mobilnya telah hilang.

Sedih ? Banget.

I saw your face in a crowdy place, and i don’t know what to do
Beautiful.


1 October 2017

Gue menulis ini. Yang mana, besok adalah hari ulang tahun Joni. Yang mana hari ini harusnya menjadi perayaan 26 bulan. Malem ini, gue dipenuhi rasa kebimbangan. Entah seneng entah sedih. Gue ngucapin, kok ! Gue juga pengen merayakan hari ini sendiri secara beda, gue pengen menebak masa depan ! Sebelum itu, hari ini juga gue ingin ngucapin wish. Wish yang utama, supaya dia bisa dapet cowok baru. Iya, bener. Gue pengen aja, patah hati sekali lagi atas Joni. Gue harap, melihat Joni bersama cowok baru bisa menjadikan gue lebih dewasa lagi. Menerima kenyataan.

Yaudah, gue pengen nebak masa depan.

2 October 2017

Hari ini mood Joni lagi enak-enaknya. Ditandai dengan Instagram Stories nya yang pasti penuh dengan acara ulang tahun. Banyak pasti, kebahagiaan di sana. Banyak pasti orang-orang baru di sana. Yang pasti keberadaan gue bukan di sana.

Hari ini juga Joni tengah bahagia-bahagianya diucapin banyak orang.  Yang pasti, hari ini, Joni bahagia.

3 October 2017

Hari ini gue sendiri yang ulang tahun. Hari ini gue juga bahagia, bisa ketemu banyak temen-temen. Tanpa merayakan, gue yakin gue bisa bahagia. Yang pasti, hari ini gue juga bahagia. Gak Cuma orang lain, gue juga bisa membuat diri gue spesial di hari ulang tahun. Tanpa gaun, tanpa jas, gue bisa ganteng di hari ulang tahun.


Semoga tebakan gue bener !








Read More